Posted: November 25th 2012
- Sejarah & Ruang lingkup E-Commerce (EC)
- Sejarah
– Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)
– Awalnya terbatas untuk perusaahn besar
– Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)
- Ruang lingkup EC saat ini
– Iklan
– perbankan
– Jual beli alat elektronik
– Jual beli saham
– Pencarian pekerjaan
– lelang
– Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia
– Menyediakan layanan konsumen
- Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet
- Definisi EC di ambil dari sudut pandang
– komunikasi
– Proses bisnis
– layanan
– Online
– kolaborasi
– komunitas
- konsep EC
- Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik
- Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)
- Old-economy organizations (corporations)
- Bisnis dijalankan secara offline
- Menjual produk melalui physical agents
- Pure EC: semua dimensi adalah digital
- Perusahaan Online (virtual)
- New-economy organization
- Menjual barang dan jasa secara On line
- Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik
- Click-and-mortar organizations
- Melakukan kegiatan EC
- Melakukan bisnis utama di dunia nyata
- EC vs E-business
- E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:
– Layanan konsumen
– Kolaborasi dengan rekan bisnis
– Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan
Pure vs. Partial EC: berdasarkan tingkat digitalisasi dari produk , proses bisnis, dan delivery agent
- Tipe E-Commerce
- Business-to-business EC (B2B)
- Collaborative commerce (c-commerce)
- Business-to-consumer EC (B2C)
- Consumer-to-businesses (C2B)
- Consumer-to-consumer (C2C)
- Intrabusiness (intraorganizational) commerce
- Government-to-citizens (G2C) and others
- Mobile commerce (m-commerce)
Electronic Marketplaces
Pasar memfasilitasi pertukaran
- Informasi
- barang
- jasa
- pembayaran
- Pasar menciptakan nilai ekonomi untuk
- Pembeli
- penjual
- perantara
- Masyarakat pada umumnya
Electronic Markets vs.
Inter-organizational Systems
E-markets
- Pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar
- barang
- Layanan
- uang
- informasi
Inter-organizational Information Systems (IOS)
- Antara dua atau lebih perusahaan
- Pemrosesan transaksi harian
- Aliran informasi
- Kerangka kerja EC
- Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas
- People
- Public policy
- Technical standards and protocols
- Business partners
- Support services
- Electronic Commerce Requirements
- Infrastructure – hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi
- Mekanisme Pembayaran Electronic
- Electronic checks
- Konsumen membuka rekening di bank
- Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital
- Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
- Mekanisme Pembayaran Electroniccontinued)
- Pembayaran Electronic dengan e-cash
- Credit cards menggunakan magnetic strips
- Kartu menyimpan informasi mengenai prepaid cash yg bisa digunakan untuk melakukan pembayaran
- Smart cards
- Kartu dengan microprocessors, bisa menyimpan lebih banyak informasi
- Person-to-person payment systems
- Transfer dana antara individu (PayPal)
- Electronic Funds Transfer (EFT)
- Transfer uang secara Electronic dari dan kepada financial institution menggunakan jaringan telekomunikasi
- Electronic wallets
- Purchasing cards
- Keamanan
- Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
- Single-key encryption
- Public/private key encryption
- Public key infrastructure
- Electronic Certificates
- Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan
- Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit
- Permasalahan
- Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan untuk menarik konsumen dan kemampuannya untuk mengendalikan pengeluaran
- Solusi
- Business-to-consumer—mengelola public portal (raffles.com) yg meliputi:
- Informasi mengenai hotel
- Sistem reservasi
- Link ke travelers’ resources
- Program Customer relationship management (CRM)
- Toko Online untuk produk dari Raffles
Business-to-business (B2B)
Contoh:
Anggota E-market
Bergabung dengan Airnew Co.—menghubungkan major airlines dengan suppliers
– Fuel
– Fuel services
– Light maintenance services
– Catering
Begabung dengan Corporcure.com.au bersama 13 korporasi besar lainnya di Australia
Pembelian barang dan jasa secara elektronik
Perlengkapan kantor
pemeliharaan
- Business-to-customer (B2C):
– Online booking
- E-mails to frequent-flyer members
- Mileage bonuses and opportunities to win $10,000 AU
– Wireless communications ad
- Business-to-employee (B2E):
– Online training
– Online banking