Categories
Teknologi

Daftar Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik

Di zaman modern seperti sekarang ini, penuh dengan hal-hal yang serba praktis. Dengan dukungan teknologi, kalian semua dapat mengakses berbagai hal tanpa harus mengeluarkan tenaga atau biaya yang besar. Perkembangan zaman yang semakin maju, menuntut kalian untuk dapat melakukan berbagai hal dengan benda-benda canggih yang ada saat ini. Salah satu kemudahan yang dapat kalian nikmati saat ini adalah akses dalam dunia pendidikan. 

Proses belajar atau melatih diri agar memiliki skill yang semakin tinggi, tidak harus kalian lakukan dengan cara yang tradisional atau dengan berada di ruangan bersama seorang guru. Kini kegiatan belajar dapat dilakukan dengan cara yang instan atau praktis. Kalian hanya perlu menyediakan jaringan yang kuat dan perangkat komputer atau handphone yang dapat mengakses internet, untuk kegiatan belajar. Ruang belajar online kini banyak sekali dimanfaatkan atau dinikmati oleh seluruh masyarakat dimuka bumi ini. 

Untuk memudahkan kalian dalam memilih aplikasi belajar online, Ubixlo akan bagikan berbagai jenis aplikasi belajar online yang dapat kalian manfaatkan.

1. Ruang Guru

Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kalian untuk belajar dengan cara online. Ruang guru memberikan layanan atau program sekolah gratis yang dibuka dari hari senin sampai dengan jumat dari jam 8 pagi sampai dengan 12 siang. 

Ruang guru menyediakan layanan belajar online secara gratis pada semua jenjang sesuai dengan kurikulum yang dipakai di taraf nasional. Kalian dapat mendapatkan aplikasi ini di Play Store di smartphone kalian atau di perangkat komputer kalian.

2. Quipper School

Kegiatan belajar yang diberikan secara gratis selanjutnya adalah Quipper School. Dengan memakai aplikasi ini seorang pengajar dapat mengelola materi yang diperuntukan kepada siswa. Kalian diberikan kemudahan saat hendak mengirim materi atau soal ujian bagi seorang guru, maupun kemudahan untuk mencari materi yang disediakan oleh guru untuk peserta didik. 

Kemudahan seperti ini sangat penting untuk dimanfaatkan oleh seluruh aktor dalam dunia pendidikan, karena secara langsung akan membentuk kualitas sumber daya manusia yang unggul. Kalian dapat mendapatkan aplikasi ini di Play Store di smartphone kalian atau di perangkat komputer kalian.

3. Rumah Belajar

Aplikasi belajar jenis ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud). Apabila kalian menggunakan aplikasi ini, kalian dapat mengakses soal-soal latihan dari berbagai jenjang pendidikan, dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, hingga SLB pun bisa dengan bebas diakses. 

Dalam aplikasi ini kalian dapat mengakses berbagai materi belajar, kalian juga dapat menggunakan laboratorium online, pembelajaran online, dan bahan ajar lainnya layaknya di sekolah umum yang ada. Kalian dapat mendapatkan aplikasi ini di Play Store di smartphone kalian atau di perangkat komputer kalian.

4. Zenius

Kalian dapat mengakses berbagai materi pembelajaran dalam bentuk video dalam aplikasi ini. Terdapat puluhan ribu materi yang dapat dinikmati. Materi-materi tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum 2013 revisi, sehingga kalian dapat menikmati kegiatan belajar sesuai dengan sistem pendidikan yang aktual. 

Selain materi-materi pembelajaran, kalian dapat mengakses pula soal-soal ujian, tryout, hingga tips-tips dalam belajar. Aplikasi ini dapat diperoleh di Play Store secara gratis.

5. Kelas Pintar

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah Kelas Pintar, kalian dapat mempelajari berbagai materi dari berbagai tingkatan pendidikan, yakni dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Kalian dapat memiliki alternatif sesuai kenyamanan kalian dalam belajar, karana dalam aplikasi ini disediakan berbagai model pembelajaran, seperti berbentuk video, dalam bentuk audio, hingga kinestetik. 

Aplikasi ini menyediakan layanan yang menarik dan membuat kalian tidak bosan saat belajar menggunakan aplikasi ini, dengan fasilitas pembelajaran yang interaktif menggunakan video, animasi, dan e-book semakin mempermudah kalian dalam mencerna materi yang dipelajari. Selain layanan seperti di atas, aplikasi ini menyediakan berbagai Latihan soal dalam bentuk HOTS atau High Order Thinking Skills, Laboratorium virtual atau virtual lab, VBQ atau Value Based Questions. 

Layaknya pembelajaran konvensional seperti biasanya, aplikasi ini menyediakan sesi Tes Adaptif, Pilihan Ganda, dan Tes Periodik. Kalian dapat mendapatkan aplikasi ini di Play Store di smartphone kalian atau di perangkat komputer kalian.

6. Google ClassRoom

Aplikasi belajar ini disediakan oleh perusahaan Google. Google Class Room memberikan kemudahan bagi guru dan murid untuk berinteraksi dalam lingkup kegiatan belajar mengajar. Kalian akan mendapatkan fasilitas berupa latihan soal atau tugas-tugas beserta penilaiannya hingga ke ranah konsultasi pendidikan. 

Kalian dapat dengan mudah mengakses Google Class Room pada smartphone kalian dengan menggunakan akun gmail. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang sedang menempuh pendidikan di jenjang perkuliahan.

7. Edmodo

Aplikasi ini menjadi sarana bagi kalian dalam menuntut ilmu atau mendukung dalam hal kegiatan belajar mengajar. Didalamnya kalian dapat menikmati materi-materi pembelajaran serta berbagai bentuk penugasan. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur chat personal langsung antara siswa dengan guru. Edmodo dapat kalian miliki dengan mendownload aplikasinya di Play Store, dengan smartphone yang kalian miliki, kalian dapat belajar kapanpun dan dimanapun.

8. KelasKita

Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk kalian dalam hal belajar, kalian dapat belajar dengan pemilihan waktu yang bebas dan tempat yang tidak ditentukan. Kelaskita menyediakan layanan atau fitur yang menyenangkan saat aplikasi ini dijalankan, terdapat fitur sosial yang mampu mempertemukan kalian dengan peserta didik yang lain, sehingga kalian dapat berinteraksi dengan pengguna KelasKita yang lain.

Di Luar kegiatan belajar akademik, aplikasi ini memberikan pembelajaran lainnya yang bersifat non formal atau pembelajaran yang dapat meningkatkan softskill kalian, bentuk pembelajaran tersebut berupa pemrograman aplikasi android dasar, belajar membuat website, desain grafis, dan materi lainnya. 

9. Bimbel SMART

Aplikasi belajar online yang satu ini dikhususkan untuk kalian yang menyukai mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia, karena aplikasi ini hanya menyediakan tiga mata pelajaran tersebut. Kalian dapat menikmati berbagai video pembelajaran yang interaktif dalam aplikasi ini, didalamnya memuat materi yang berisi penyelesaian soal Latihan secara lengkap dan sederhana, dengan itu maka pemahaman siswa akan semakin baik. 

Selain itu aplikasi ini juga menyajikan kuis-kuis yang dapat memicu kecerdasan otak kalian. Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian bisa mendownload  dengan smartphone kalian di Play Store.

10. Meja Kita

Aplikasi belajar online yang memiliki konten menarik, yakni pembelajaran dilakukan secara tematis. Selain itu kalian dapat mengikuti proses diskusi yang disediakan dalam aplikasi ini, selain kalian mendapatkan ilmu akademik, dalam ruang diskusi ini kalian juga belajar tentang tanggung jawab. 

Aplikasi ini dapat dengan mudah kalian dapatkan, cukup dengan smartphone kalian miliki lalu mengakses aplikasi play store, kalian bisa belajar online tanpa batas ruang dan waktu yang ditetapkan. Materi yang dihimpun dalam aplikasi ini dimulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dengan muatan materi yang sangat kompleks. Selain itu di dalamnya juga terdapat beribu-ribu catatan yang diupload oleh siswa-siswi dari komunitas pelajar di Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *