Rangga Perwiratama

Pertemuan 3: Pengantar Teknologi Informasi

Posted: September 24th 2012

Hardware

  • Mengindentifikasi komponen hardware
  • Desain fungsi CPU
  • Enterprise Storage
  • Hirarki komputer

 

Contoh – contoh hardware adalah CPU, memory, input, output. CPU dan memory terletak pada mainboard. Guna CPU adalah menjalankan instruksi, sedangkan memori adalah tempat penyimpanan instruksi. Mainboard adalah papan utama pada unit sistem yang mendukung berjalannya komputerisasi karena semua perangkat keras tersambung dan disatukan dalam mainboard. Dalam mainboard terdapat CPU, memory, adapter cards, drive bays, power supply dan port input maupun output.

CPU

Bentuk CPU adalah microprocessor. Microprocessor pada dasarnya adalah miniatur transistor yang mengeksekusi instruksi dan mengolah data. Terbagi atas ALU, control unit, register, primary storage. Cara pengeksekusian data dan instruksi dalam CPU pada dasarnya adalah sebuat sistem binary digit dan logika aritmatika yang berurutan. Pertama control unit mengakses instruksi program, menafsirkan instruksi, kemudian mengontrol aliran data (busses). Kedua Arithmatic Logic Unit melakukan proses komputasi data dan melakukan komparasi data. Register adalah penyimpanan berkecepatan tinggi untuk menyimpan data dan instruksi. Data dan instruksi yang sudah diproses kemudian disimpan sementara pada primary storage. Primary storage menyimpan sementara informasi, software aplikasi, sistem operasi. Setiap byte disimpan dalam lokasi yang unik.

Memory

Terdiri dari 2 jenis Primary dan Secondary. Contoh primary memory adalah Register, RAM (general storage untuk instruksi dan program), Cache memory (digunakan sebagai perantara harddisk dan RAM), dan ROM. RAM dan Register bersifat volatile, sedangkan ROM dan Cache memory bersifat non volatile. Sedangkan secondary memory contohnya harddisk, disket, dll. Semua data dalam memory direpresentasikan dalam pola bit (binary digit, 8 bits = 1 byte). Maka dari itu komputer hanya mengenal 1 (true)dan 0 (false).

Secara  sederhana siklus dalam CPU (machine instruction cycle) adalah

  • Instruksi diambil dari Primary Storage oleh Control Unit
  • Decode oleh ALU
  • Disimpan dalam register
  • Dikembalikan ke Primary Storage

Input

Input bisa berorientasi manusia dan otomatisasi, dan bisa berbentuk data atau instruksi. Input device antara lain keyboard, mouse, scaner, dll.

Output

Output biasanya berbentuk informasi. Gambar, teks, video, suara, dll. Output device antara lain monitor, speaker, printer, dll.

Isu dalam bisnis yang menyangkut hardware antara lain masalah produktifitas, gaya dan cara bekerja, pemaksimalan produk dan layanan baru, dan peningkatan komunikasi. Jika produktifitas tidak bertambah, tidak merubah gaya bekerja menjadi efisien, tidak bisa memaksimalkan layanan yang ditawarkan, dan komunikasi tidak bertambah baik, maka kepentingan penggantian hardware dapat ditunda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php