Rangga Perwiratama

Pertemuan 2: Pengantar Teknologi Informasi

Posted: September 17th 2012

IT mendukung organisasi dan bisnis dengan banyak cara. Kita pertama harus mengerti yang disebut dengan arsitektur dan infrastruktur, kemudian mengerti dengan bentuk hirarki sebuah organisasi, dan bagaimana menyusun informasi dengan tepat guna. Pada dasarnya IT dalam lingkungan bisnis berbentuk rangkaian komputer, yang biasa disebut computer basic information system.

Infrastuktur merupakan fasilitas fisik yang mendukung semua sumberdaya komputer dan arsitektur merupakan rencana detail berdasar keperluan informasi dan bagaimana keperluan itu dipenuhi. Konsepnya adalah menggabungkan keperluan informasi, rencana dan inrstruktur yang telah ada. Yang mendukung tercapainya target organisasi.

Bentuk – bentuk SI yang mendukung organisasi ada Transactional Processing System (mendukung kegiatan bisnis rutin, mengumpulkan transaksi, menghasilkan data untuk sistem lain), Management Information System (mendukung pengambilan kebijakan sehari – hari), Office Automation System (mendukung pekerja kantor), Decision Support System (mengeluarkan usulan, mendukung pengambilan kebijakan tidak rutin), Intelligent Support System ( Decision Support System yang dilengkapi dengan Artificial Intelligent), Knowledge Management System (membuat, mengorganisir dan menyebarkan pengetahuan), dan Data Warehousing (penyimpanan data).

Bagaimana SI mendukung organisasi? Karena organisasi mempunyai bentuk, struktur, dan hirarki sesuai kegunaan, maka SI harus mengikuti fakta itu.

Penggunaan SI yang dimaksud tepat adalah menggunakan SI tergantung posisi dalam organisasi. SI terdiri dari banyak aplikasi yang memiliki kegunaan tertentu. Aplikasi SI dapat membantu organisasi menjadi bersifat inter-organizational dan menghubungkan lebih dari 1 perusahaan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php