Rangga Perwiratama

Pertemuan 1: Pengantar Teknologi Informasi

Posted: September 10th 2012

Pengantar Teknologi Informasi (PTI) menjelaskan IT untuk kepentingan bisnis dan lingkungan organisasi. Setelah lulus diharapkan mampu memahami infrastruktur dan penerapan IT untuk bisnis. Dengan lingkungan bisnis yang selalu berganti secara cepat, kompleks, semakin mendekati globalisasi ekonomi, kompetisi semakin keras, dan perubahan fokus kepada konsumen, bisnis apapun pasti menghadapi kendala. Apalagi dengan menurunnya sumber daya, yang tentu saja bidang bisnis tidak mungkin menurunkan produksi karena alasan itu. Dengan sifat bisnis yang reaktif dan proaktif terhadap teknologi, maka munculah IT sebagai salah satu solusi terhadap tekanan bisnis tersebut.  Dengan banyaknya tekanan bisnis yang begitu besar (pasar, teknologi, lingkungan sosial) IT sangat berpotensi membuat semua menjadi mudah, dan pada akhir – akhir ini banyak perubahan bisnis akibat IT (E-business, mobile banking, E-ticketing ). Disamping itu karir  dalam dunia IT semakin besar dan luas.

TEKANAN BISNIS: KOMPETISI GLOBAL DALAM PERDAGANGAN DAN PEKERJA, OPERASI LANGSUNG, PERUBAHAN SIKAP PEKERJA, ORIENTASI KONSUMEN, INFORMASI BERLEBIH, ISU ETNIS, OBLIGASI SOSIAL, PEMERINTAH

IT memanfaatkan perangkat elektronik untuk kepentingan penyusunan informasi. Berawal dari data ( kumpulan fakta tidak terorganisir ) yang kemudian diorganisir untuk keperluan tertentu menjadi informasi, lalu informasi dikumpulkan untuk mencapai sebuah pemahaman yang disebut pengetahuan. Semua langkah tersebut dapat dicapai dengan cepat dengan literasi komputer (perangkat elektronik yang terhubung untuk tujuan tertentu) dan dengan sistem (rangkaian komponen yang terhubung untuk mencapai tujuan tertentu) yang tepat.

Sistem Informasi (SI) adalah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mengendalikan data untuk disebarkan untuk kepentingan tertentu.

SI pada komputer menfaatkan software dan hardware yang tentu saja dikontol oleh aspek manusia. Komputer ada beberapa katagori, contohnya  PC, mobile, midrange server, mainframe server, super computer. Hardware terbagi atas input (maus, kibor, webcam), unit proses (CPU), Output (monitor, printer), penyimpan (hardis, sd card), dan perangkat komunikasi (modem, satelit). Sedangkan software dibagi menjadi 2, aplikasi (Office, Adobe) dan operating system (Windows, Linux, MacOS)

Targetnya informasi harus akurat, komplit, fleksibel, dapat diandalkan, relevan, dapat digunakan kapan saja, mudah diverifikasi, dapat diakses, dan aman.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php