Yogie Palatino

Kuliah Lapangan

Posted: December 20th 2013

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

            Kuliah Lapangan Teknik Informatika UAJY yang diadakan pada semester gasal 2013 diagendakan mengunjungi 3 perusahaan, yakni PT. PLN Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (P3B JAWA BALI), PT. MASPION, dan PT. SARIBAHARI. Ketiga perusahaan yang dikunjungi ini bekerja pada bidang yang berbeda. Salah satunya adalah PT.PLN (P3B JAWA BALI), dimana perusahaan ini bertugas melaksanakan manajemen energi dan mengendalikan serta memonitor operasi sistem tenaga listrik yang mencakup pulau Jawa-Bali. Selanjutnya yaitu PT. MASPION yang merupakan perusahaan penghasil barang-barang rumah tangga yang memiliki pasaran domestik hingga mancanegara. Perusahaan terakhir adalah PT.SARIBAHARI, dimana perusahaan ini merupakan perusahaan pembuat casing bomb yang telah menjadi penyalur tetap casing bomb TNI yang dipergunakan pada pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2.

            Kunjungan yang diadakan dengan menuju ketiga perusahaan tersebut diharapkan mampu menambah wawasan mahasiswa yang mengikuti Kuliah Lapangan ini, tentang sistem yang digunakan perusahaan-perusahaan tersebut. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengidentifikasi secara langsung penerapan IT pada perusahaan-perusahaan tersebut.

 

B.     Tujuan Kuliah Lapangan

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Kuliah Lapangan ke PT.PLN (P3B JAWA BALI), PT.MASPION dan PT.SARIBAHARI  adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan gambaran secara langsung kepada mahasiswa mengenai penerapan IT pada perusahaan-perusahaan yang dikunjungi.
  2. Memberikan pengetahuan mengenai sistem yang diterapkan dan mekanisme kerja pada perusahaan-perusahaan  tersebut
  3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung sistem kerja dari perusahaan yang dikunjungi.
  4. Memperkaya wawasan yang berkaitan langsung dengan IT pada suatu perusahaan, dan fungsionalitasnya pada perusahaan tersebut.

 

 

C.    Manfaat

Manfaat bagi mahasiswa:

  1. Mengetahui secara langsung profil perusahaan, fisik bangunan, serta mekanisme kerja perusahaan baik dari sisi manajemen operasional, SDM, keuangan, dan pemasaran.
  2. Terinspirasi serta termotivasi untuk mendirikan usaha atau bisnis setelah memperoleh gambaran di lapangan.

 

Manfaat bagi Universitas Atma Jaya Yogyakarta:

1. Memperoleh masukan terkait isu-isu terkini dalam dunia kerja serta usaha sebagai bahan pengembangan penelitian dan pendidikan.

2. Meningkatkan dan memperluas jaringan kerjasama (network) dengan institusi bisnis baik swasta, BUMN, dan sebagainya.


BAB II

PROFIL  DAN DESKRIPSI PERUSAHAAN

 

A.    PT. PLN (P3B JAWA BALI)

1.      Deskripsi Singkat Perusahaan

            PT. PLN (P3B JAWA BALI) adalah perusahaan BUMN yang bertugas melaksanakan menajemen energi dan mengendalikan serta memonitor operasi sistem tenaga listrik di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Pengendalian dan monitoring yang dilakukan adalah dengan mengelola kesiapan seluruh pembangkit dan sistem penyalurannya untuk setiap saat dapat memasok kebutuhan lisrik seluruh konsumen.

                Penyaluran tenaga listrik yang dilakukan termasuk layanan penyambungan ke sistem penyaluran, dan perencanaan sistem tenaga listrik yang terdiri dari indikasi kebutuhan pembangkitan dan pengembangan sistem penyaluran. Berikutnya yaitu tugas pengoperasian dimana operasi sistem tenaga listrik ini meliputi manajemen energi dan pengendalian operasi yaitu transaksi tenaga listrik yang meliputi penyediaan informasi sistem tenaga listrik dan pengelolaan transaksi tenaga listrik, serta Setelmen transaksi tenaga listrik, yaitu perhitungan dan pengelolaan tagihan transmission charges, sistem service charges dan transaksi tenaga listrik, termasuk pengelolaan sistem metering.

 

2.   Alamat Perusahaan

Jl. Suningrat No. 45 Taman, Sepanjang, Sidoarjo – 61257 Indonesia

Tel: 031-7882113, 7882114

Fax: 7882578.

3.  Produk atau Jasa yang Ditawarkan

           PT. PLN (P3B JAWA BALI) melakukan pengendalian dan pemantauan operasi sistem tenaga listrik Jawa-Bali. Pengoperasian dan pengendalian sistem tenaga listrik ini bersifat realtime. Perusahaan ini menyediakan kebutuhan listrik yang diperlukan konsumen dengan mutu sesuai standar dan handal, melakukan pemasangan aliran listrik baru, dan melayani sistem pembayaran sumber daya listrik yang dipakai konsumen di area Jawa Timur. Selain itu, perusahaan ini juga melakukan pengelolaan ketika terjadi kerusakan pada operasi listrik area Jawa Timur.

 

B.    PT. MASPION

1.      Deskripsi Singkat Perusahaan

PT . Maspion dan cabang-cabang perusahaannya adalah anggota Maspion Group, dan salah satu pemilik konsumen terbesar serta produsen terbaik di dunia. Perusahaan ini memiliki jaringan distribusi yang mapan dan luas baik domestik maupun internasional melalui distributor, agen, pengecer serta perwakilan di beberapa kota besar di Indonesia dan negara-negara maju. Perusahaan juga telah kuat dalam membangun aliansi strategis dengan mitra asing utama yang menonjol dalam pembuatan produk berkualitas yang telah memperkuat posisi bisnis perusahaan terkemuka di pasar domestik dan juga mancanegara.

2.   Alamat Perusahaan

Desa Sawotratap, Gedangan,

Sidoarjo 61254 – Indonesia

Tel   : +62-31-8531531, 8532994

Fax: +62-31-8543350

Email: mspunit1@maspion.com

 

3.  Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Perusahaan ini memiliki keahlian yang kuat di bidang pemasaran dan manufaktur berbagai rangkaian produk peralatan rumah tangga berkualitas dari peralatan dapur, peralatan rumah tangga dari bahan plastik maupun kaca  dan peralatan listrik rumah. PVC dan PE pipa juga tersedia untuk keperluan pembangunan dan rumah tangga.

Perusahaan ini memiliki 3 unit operasi unit yaitu logam Kitchenwares yang menghasilkan berbagai produk dapur, mulai dari non stick, enamel, aluminium, stainless steel, dilengkap dengan alat-alat dapur, alat makan, serta aksesoris lainnya. Unit selanjutnya adalah Peralatan Rumah Tangga Plastik dan Glasswares, unit ini menghasilkan produk rumah tangga yang terbuat dari plastik mulai dari cookwares, tablewares, sikat, sapu, wadah, lemari, kamar mandi seri, dan aksesoris lainnya, serta PVC dan PE pipa ditambah fitting dan aksesoris. Bersama dengan anak perusahaannya, PT. Maspion Kencana,  Maspion menjadi produsen utama pipa PVC di pasar domestik. Anak perusahaan lain dari Maspion adalah PT. Ishizuka Maspion Indonesia yang memproduksi dan memasarkan Glasswares baik untuk pasar domestik maupun mancanegara. Selanjutnya adalah unit Listrik Rumah Tangga yang memproduksi barang-barang kecil dan barang-barang besar, mulai dari peralatan dapur seperti rice cooker, blender dan juicer, pemanggang roti, microwave, hingga kipas angin, besi, pengering rambut, dispenser air, mesin cuci, kipas langit-langit dekoratif, AC, kulkas, freezer, dan pompa air. Nama merek yang dikenal adalah ‘ Uchida ‘ dan ‘ Maspion ‘. Semua produk yang ditawarkan dengan waktu layanan garansi seumur hidup.

 

C.    PT. SARIBAHARI

1.      Deskripsi Singkat Perusahaan

PT. Sari Bahari adalah perusahaan dalam negeri yang didirikan pada tahun 1993 oleh Ir. Ricky Hendrik Egam (CEO). Awal berdirinya perusahaan ini adalah khusus menangani pengadaan dari perusahaan negara yang bergerak di bidang industri strategis (BUMNIS) berupa mesin – mesin maupun spare part mesin yang mana peralatan tersebut didapatkan dengan cara impor dari luar negeri.

Perusahaan ini melakukan penerapan sistem teknologi yang selalu berkembang, seluruh karyawan diberi kesempatan untuk mendapatkan tambahan pelatihan dalam hal ini dengan mendatangkan tenaga dari luar negeri guna menunjang kualitas produksi yang maksimal. khususnya di bidang pembuatan bom latih dan Bom tajam untuk keperluan militer.

 

Pemerintah menghimbau dan memberi peluang yang besar pada perusahaan – perusahaan dalam negeri untuk dapat memproduksi alutsista dalam negeri. Hal ini dimaksud untuk mengurangi ketergantungan TNI pada pembelian alutsista luar negeri dan menghindari resiko karena adanya embargo dari negara luar disamping itu kegiatan tersebut diatas akan banyak memberikan peluang atau kesempatan kerja untuk tenaga kerja di dalam negeri serta mengurangi devisa yang mengalir ke luar negeri.

2.   Alamat Perusahaan

Office Address : Jl. Bendungan Sempor Kav. 12-16 Malang 65145 Jawa Timur – Indonesia.

Phone / Fax : +62 – 341 – 551408

Email : info@saribahari.com / saribahari@indo.net.id

3.  Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Produk yang telah dihasilkan adalah bomb dengan berbagai jenis, antara lain: Bomb P 100 – 120 / Practice / Live, Warhead Practice CAL 2.75″ PSB SMOKEY, Container Motor Rocket CAL .2.75″, Mounting Stand Gun For CAL. 5.56″ – 12.7″ mm, dan Folding Fin Rocket CAL. 2.75″. Barang-barang tersebut telah lulus uji dan bersertifikat dari DISLITBANGAU dan DISLAMBANGJAU TNI AU. Dengan didukung oleh SDM yang memadai serta dukungan penuh & kepercayaan dari TNI sebagai konsumen, kami yakin bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama akan banyak lagi perusahaan-perusahaan Putra Bangsa yang akan berpartisipasi dalam membuat atau memproduksi alutsista.


BAB III

HASIL KUNJUNGAN DAN OBSERVASI KULIAH LAPANGAN

 

A.    Kunjungan Ke PT.PLN (P3B JAWA BALI)

PT.PLN (P3B JAWA BALI) memberikan banyak informasi tentang sistem kendali sumber daya listrik yang dikelola disana. Dari sanalah pasokan listrik untuk pulau Jawa dan sebagian pulau Bali dilakukan. Pengendalian dan pemantauan yang dilakukan dari PT PLN (P3B JAWA BALI) ini dilakukan oleh para pegawai yang disebut dengan Dispatcher. Dispatcher sendiri merupakan orang-orang yang bertugas untuk melakukan pengaturan dan pengendalian sistem tenaga listrik secara realtime dengan panduan rencana operasi dan strategi operasi untuk pemulihan apabila terjadi gangguan dan tetap memperhatikan mutu dan keandalan. Sistem jaringan Dispatcher dapat melihat aktivitas tiap gardu induk yang tersebar di seluruh Jawa dan Bali.

Masalah yang timbul dalam pengendalian sumber daya lsitrik di sini adalah, listrik tidak dapat disimpan sebagai stock karena memiliki arus AC bukan DC selayaknya baterai, dimana listrik dihasilkan dan digunakan pada saat itu pula. Lalu masalah kedua yang timbul yakni konsumen menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan dan setiap saat terjadi perubahan. Sebagai pengguna listrik, konsumen tidak pernah tahu bagaimana sumber daya listrik dihasilkan, para konsumen hanya mengetahui bahwa ketika listrik dibutuhkan, maka sumber daya aliran listrik tersebut harus tersedia. Selain itu, konsumen juga tidak dapat diprediksi kapan akan menggunakan listrik dan kapan listrik akan berhenti digunakan, sehingga setiap saat dapat terjadi perubahan, inilah salah satu alasan diadakannya pengendalian listrik di PT. PLN (P3B JAWA BALI).

Pengendalian yang dilakukan oleh para dispatcher ini adalah untuk menyediakan kebutuhan listrik yang diperlukan konsumen dengan mutu sesuai standar dan handal. Sehingga konsumen dapat puas dengan pelayanan yang dilakukan. Dispatcher akan selalu menjaga keseimbangan antara daya nyata dan konsumsi beban, dimana konsumsi beban harus tetap berada pada kisaran normal 50 Hz.

Sistem yang digunakan untuk monitoring dan pengendalian listrik tersebut bernama Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA) yang berkerja dengan sistem operasi UNIX dan terhubung ke masing masing gardu induk diseluruh pulau Jawa-Bali melalui media fiber-optic. SCADA merupakan suatu sistem pengolahan data terintegrasi yang  berfungsi untuk mensupervisi, mengendalikan dan mendapatkan data secara real time berfungsi mulai dari pengambilan data pada peralatan pembangkit atau gardu induk, pengolahan informasi yang diterima, sampai reaksi yang ditimbulkan dari hasil pengolahan informasi. Fungsi umum dari sistem SCADA adalah mengumpulkan data-data di sisi proses pembangkit atau gardu induk, mengirimkan data ke Master Pusat Pengatur atau Control Centre, mengolah data untuk berbagai aplikasi pengaturan dan manajemen kelistrikan, mendistribusikan informasi ke komputer atau master lain. Prinsip utama SCADA adalah Telesignalling adalah suatu proses pengiriman sinyal jarak jauh yang menyatakan status suatu peralatan melalui media komunikasi data, Telemetering adalah suatu proses pengiriman besaran ukur jarak jauh melalui media komunikasi data, Telecontrol adalah suatu proses pengendalian jarak jauh melalui media komunikasi data. Sistem SCADA dapat dilihat pada gambar 3.1 dibawah ini.

 

 

Gambar 3.1 Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA)

 

B.    Kunjungan Ke PT.MASPION

 

PT.Maspion merupakan perusahaan dengan produktivitas yang tinggi maka efisiensi kegiatan maintenance sangat diperhatikan, karena saat kegiatan maintenance akan menghentikan proses produksi. Proses produksi yang terhambat akan menyebabkan penurunan jumlah output produksi, serta kerugian finansial yang ditimbulkan akibat berhentinya proses produksi tersebut.

Maspion Unit 1 beroperasi dengan cara mengedepankan hubungan antara divisi produksi dan pemasaran, komunikasi yang dilakukan dalam hal ini tidak menggunakan sistem yang khusus, komunikasi masih dilakukan secara langsung via telepon. Menurut beberapa founder perusaaan ini, komunikasi akan lebih baik jika dilaksanakan secara langsung. Perusahaan mengaku tidak menggunakan sistem khusus yang digunakan untuk menangani proses masuk dan keluarnya data yang dibutuhkan perusahaan. Perusahaan ini masih menggunakan sistem berbasis desktop application seperti word processor application dan spreadsheet application. Pemanfaatan Teknologi yang digunakan perusahaan ini terletak pada perancangan barang-barang yang akan diproduksi, dimana perancangan desain yang dilakukan menggunakan software berbasis dektop application yang bernama AutoCAD.

 PT.Maspion ini memiliki 36 (Persero) dan 56 divisi yang tersebar di berbagai wilayah. Perusahaan ini juga merupakan perusahaan yang telah dikenal banyak masyarakat, karena kualitas produk Maspion yang baik, sehingga permintaan akan produk mereka terus berlangsung. Permintaan barang datang dari pengusaha yang membuka toko kecil-kecilan hingga supermarket. Lingkungan kerja berupa ruang produksi yang digunakan pada PT. Maspion dapat dilihat pada gambar 3.2 dan gambar 3.3 dibawah ini.

 

 

 

Gambar 3.2 : Ruang produksi PT.MASPION

 

 

 

G

 

 

 

 

 

 

G

 

Gambar 3.3 : Ruang produksi PT.MASPION

 

 

 

 

C.    Kunjungan Ke PT.SARI BAHARI

            PT. SARI BAHARI memberikan pengaruh kepada perkembangan yang begitu pesat dalam bidang Pertahanan dan keamanan di Indonesia belakangan ini. Khususnya TNI-AU karena dapat memanfaatkan alutsista hasil produksi anak bangsa. Dengan himbauan serta peluang yang diberikan pemerintah bagi perusahaan-perusahaan dalam negeri untuk dapat memproduksi alutsista sendiri, maka PT SARI BAHARI mengambil peluang untuk kesempatan ini. Himbauan pemerintah ini dilandasi dengan beberapa alasan diantaranya menghindari resiko adanya embargo dari negara luar atas pembelian perlengkapan pertahanan dan keamanan di Indonesia.

            Pesawat tempur Sukhoi SU-30MK2 milik Indonesia yang dibeli dari Rusia sejak tahun 2003 tidak memiliki amunisi bomb dengan alasan keterbatasan dana. Pada tahun 2005 PT. SARI BAHARI mulai memproduksi bomb dengan adanya produksi bomb dalam negeri maka membuat dana yang harus dikeluarkan untuk alokasi dana pesawat tempur Sukhoi menjadi lebih murah. Setelah diujicobakan pada pesawat Sukhoi milik Indonesia, hasil produksi dari PT. SARI BAHARI tersebut menuai banyak apresiasi dan pujian dari pemerintah, terutama dari kalangan TNI-AU. Tetapi pada awal perkembangannya, bomb buatan PT. SARI BAHARI ini tidak diproduksi dengan jumlah banyak, dikarenakan kebutuhan akan bomb belum begitu banyak, alasan lain yaitu karena TNI-AU masih memanfaatkan perlengkapan alutsista dari mancanegara.

            Perkembangan dari alutsista, terutama dengan kebutuhan TNI-AU akan alutsista buatan dalam negeri, PT. SARI BAHARI menjadi salah satu perusahaan yang menjadi penyalur bomb bagi TNI-AU. Perusahaan yang terletak di kota Malang tersebut meningkatkan hasil produksi baik disisi kuantitas maupun disisi kualitas bomb yang dihasilkan. Hingga saat kini PT. SARI BAHARI telah memproduksi ribuan bomb berbagai jenis dan merk yang akan digunakan TNI-AU untuk keperluan perang maupun untuk keperluan latihan. Ruang produksi dari PT. SARI BAHARI dapat dilihat pada gambar 3.4 dan gambar 3.5 dibawah ini.

 

Gambar 3.4 : Ruang produksi PT.SARI BAHARI

 

 

Gambar 3.5 : Ruang produksi PT.SARI BAHARI

 


BAB IV

PENUTUP

 

  1. A.                Kesimpulan

            PT. PLN (P3B JAWA BALI) merupakan perusahaan yang melakukan pengendalian dan pemantauan operasi sistem tenaga listrik Jawa-Bali, tetapi tidak sebatas melakukan pengendalian, perusahaan ini juga mengadakan pemasangan aliran listrik baru, dan melayani sistem pembayaran sumber daya listrik yang dipakai konsumen di area Jawa Timur. Selain itu, perusahaan ini juga melakukan pengelolaan ketika terjadi kerusakan pada operasi listrik area Jawa Timur.
            PT. MASPION Surabaya, perusahaan ini memproduksi berbagai keperluan keperluan rumah tangga. Dengan 3 unit produksi yang dimiliki PT. MASPION yaitu unit  logam Kitchenwares , unit rumah tangga plastik dan glasswares, serta Listrik Rumah Tangga, perusahaan ini telah menjadi penguasa pasaran domestik akan perlengkapan-perlengkapan rumah tangga di Indonesia. Tidak hanya memasarkan hasil produksinya di Indonesia, perusahaan yang didirikan oleh Alim Markus sejak 1960-an ini sudah mengekspor produknya hingga ke mancanegara.

PT. SARI BAHARI. Perusahaan dari Malang ini adalah perusahaan yang bekerja di bidang produksi casing bomb. Perusahaan yang telah menjadi penyalur tetap persediaan casing bomb bagi TNI-AU ini telah beroperasi sejak awal 2000, dan telah memproduksi ribuan casing bomb untuk TNI-AU. Perusahaan yang didirikan oleh Ricky Hendrik Egam ini tidak hanya memproduksi bomb untuk TNI-AU, awal tahun 2013 lalu perusahaan ini membuat kemajuan dengan mengekspor hasil produksinya ke Chile.

 

 

  1. B.                 Kesan Selama Mengikuti Kuliah Lapangan

            Kuliah Lapangan ini banyak memberikan informasi dan wawasan bagi mahasiswa. Selama ini mahasiswa hanya mengetahui informasi secara teoritis ketika kuliah, tetapi belum mendapat informasi dengan melihat praktik secara langsung. Dengan adanya Kuliah Lapangan, mahasiswa banyak mendapat hal positif guna menunjang pengalaman individu seperti bagaimana sistem kerja suatu perusahaan yang menyangkut operasi, distribusi, dan sistem produksinya.    

            Kunjungan yang dilakukan ke beberapa perusahaan ini membuat saya ingin terjun langsung ke dunia industri dan turut merasakan langsung bagaimana bekerja     pada lingkungan yang sebenarnya dengan menerapkan Teknologi Informasi pada perusahaan-perusahaan yang belum terlalu mementingkan dan menerapkan penggunaan Teknologi Informasi pada perusahaannya.

 

  1. C.                Kritik dan Saran

            Kunjungan kuliah lapangan kali ini berjalan dengan sangat baik. Semua rencana kunjungan berjalan dengan semestinya. Fasilitas yang disediakan dengan jumlah finansial yang harus dibayar juga telah sesuai. Perusahaan-perusahaan yang dikunjungi juga memberikan sambutan yang sangat baik bagi mahasiswa. Akan lebih baik lagi jika perusahaan-perusahaan yang akan dikunjungi dihimbau untuk memberikan informasi yang lebih banyak tentang Teknologi Informasi yang digunakan perusahaan tersebut, sehingga ada banyak materi yang lebih berhubungan dengan apa yang telah dipelajari selama kuliah.


Daftar Pustaka

 

 

P3B Jawa Bali. (2011). Profil P3B Jawa Bali. Diperoleh 12 November 2013, dari http://www.pln.co.id/p3bjawabali/?p=62

 

Sari Bahari.(2008). Profile Sari Bahari. Diperoleh 12 November 2013, dari http://www.saribahari.com/

 

Maspion.(2004). PT.Maspion. Diperoleh 12 November 2013, dari http://www.maspion.com/product/index.php

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php