Yehuda Hans

Electronic Commerce (E-Commerce)

Posted: November 1st 2012

Electronic Commerce (E-Commerce) merupakan proses jual – beli, pertukaran informasi, barang maupun layanan melalui komputer dan juga jaringan. E-Commerce ini terbentuk karena adanya unsur – unsur :
•    Communications
•    Business process
•    Service
•    Online
•    Collaborations
•    Community
Adanya E-Commerce ini berawal dari beberapa tahap proses perdagangan, yaitu :
1.    Traditional commerce
Traditional commerce ini merupakan proses yang sudah digunakan sejak zaman dahulu, termasuk proses perdagangan awal. Pada proses ini semua dilakukan secara fisik, tidak ada sedikit pun sentuhan on-line. Pihak – pihak yang bertransaksi harus bertatap muka untuk melakukan proses perdagangan.
2.    Pure E-Commerce
Pada proses ini semua proses/ tahap perdagangan dilakukan secara digital. Ini termasuk model perdagangan yang baru dan lebih efisien dari cara tradisional. Semua proses perdagangan murni dilakukan secara on-line.
3.    Partial E-Commerce
Tahap – tahap/ proses perdagangan pada jenis ini menggabungkan antara dimensi fisik dengan digital. Jadi pada proses perdagangan ini, seseorang pedagang membuat transaksi/perdagangan secara on-line, tetapi dia juga membuka tempat perdagangan secara nyata juga. Jadi tahap – tahap perdagangannya bisa di lakukan secara on-line maupun secara langsung.

E-business
E-business merupakan salah satu bagian besar dari E-Commerce. E-business tidak hanya menjangkau proses jual – beli, namun juga menjangkau :
•    Pelayanan terhadap pelanggan
•    Berkerja sama dengan partner bisnis
•    Melakukan transaksi dengan organisasi
•    Melakukan Pure E-Commerce juga Partial E-Commerce, tergantung pada penerapannya

Tipe dari E-Commerce :
•    Business-to-business EC (B2B)
•    Collaborative commerce (c-commerce)
•    Business-to-consumer EC (B2C)
•    Consumer-to-businesses (C2B)
•    Consumer-to-consumer (C2C)
•    Intrabusiness (intraorganizational) commerce
•    Government-to-citizens (G2C) and others
•    Mobile commerce (m-commerce)

Penerapan E-Commerce ini didukung oleh beberapa unsur, yaitu :
1.    Infrastructure
2.    People
3.    Public policy
4.    Technical standards and protocols
5.    Business partners
6.    Support services

Syarat – syarat yang dibutuhkan sebuah E-Commerce antara lain :
1.    Infrastructure
Hardware, software dan jaringan dibutuhkan untuk bertransaksi, berkomunikasi dan berkerja sama.
2.    Electronic Payment Mechanisms
Pembayaran secara on-line harus jelas tata caranya.
3.    Security
Keamanan adalah bagian yang sangat penting dalam bertransaksi secara on-line agar data semua pihak tidak bocor dan disalah gunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php