Yanuar Parahita Adiwijaya

Data, Knowledge and Decision Support

Posted: December 10th 2012

Pada pertemuan PTI ini membahas mengenai Data, Knowledge and Decision Support. Tugas dari Manajer adalah membuat keputusan agar mencapai suatu tujuan. Cara-cara mendapatkan data yang kita butuhkan adalah dengan mencari sumber data, dan dengan teknik pengumpulan data. Sumber data dibagi menjadi 3 yaitu internal, personal dan eksternal. Sedangkan teknik pengumpulan data dibagi menjadi 3 juga yaitu manual, dengan sensor dan peralatan, dan scanning. Kualitas data diperlukan karena kualitas sangan menentukan kegunaan dari data dan keputusan yang diambil dari data itu. Karakteristik High Quality data adalah akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.

Tempat-tempat penyimpanan data adalah Basis Data, Data Warehouse, dan Data Mart. Tujuan dari mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis. Dalam mengambil keputusan harus melewati beberapa proses penting yaitu Intelligence Phase, Design Phase, Choice Phase, dan Implementaion of Solution. Yang dilakukan pada Intelligence Phase adalah memeriksa keputusan. Pada Design Phase dilakukan penentuan model yang akan digunakan. Model-model yang ada adalah Iconic models, Analog models, Mathematical models, dan Mental models. Pada Choice phase yang dilakukan adalah memeriksa, dan mengetes solusi yang diajukan. Lalu, jika Sukses akan direalisasikan dan jika gagal akan mengulang kembali ke intelligence phase.

Dengan adanya Decisions Support System dapat membantu sebuah organisasi dalam mengambil keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan sitausi yang tidak terstruktur. Komponen-komponen dari Database Support System adalah Data Management, User Interface, Model Management, dan Knowledge Management.  Dalam Enterprise Decision Support dibagi menjadi 2 yaitu Executive Information System dan Group Dicision Support System.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php