Yanuar Parahita Adiwijaya

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Pada pertemuan ini PTI mengenai Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce. Perangkat Wireless adalah cukup kecil untuk dibawa atau dipakai, memiliki kekuatan komputasi untuk melakukan tugas produksi dan dapat berkomunikasi secara wireless dengan internet dan perangkat lain. Microbrowser adalah browser internet dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam kendala memori yang sedikit dari perangkat wireless dan low-bandwidths dari jaringan wireless. Pager adalah sebuah satu arah, sistem pesan wireless. Pager memberikan tanda kepada user saat pager menerima sebuah pesan masuk.

Yang termasuk dalam Wireless Transmission Media adalah Microwave transmission system, satellite transmission, footprint, broadcast transmission, dan propagation delay. Microwave transmission system digunakan secara luas untuk high-volume, jarak jauh, komunikasi point to point. Satellite transmission system memilki 3 tipe satellites yang berbeda orbitnya yaitu Geostationary, Medium-earth-orbit, dan Low-earth-orbit. Footprint adalah area di permukaan bumi yang dicapai dengan sebuah transmisi satelit. Broadcast transmission memperbolehkan satelit untuk mengirim sinyal kepada banyak receivers pada saat bersamaan. Propagation delay adalah sebuah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang mana membuat 2 arah percakapan telepon yang sulit.

WLAN membutuhkan sebuah transmitter dengan sebuah antenna yang disebut wireless access point yang terhubungan kepada sebuah kabel LAN atau kepada satelit yang menyediakan sebuah koneksi internet. Masalah Wireless adalah Roaming, keamanan,dan biaya. M-commerce mengacu pada transaksi e-commerce yang dilakukan dalam sebuah lingkungan wireless terutama via internet. Wireless Sensor Network adalah jaringan saling terhubung, bertenaga baterai, sensor wireless yang disebut mites yang terletak didalam lingkungan fisik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php