Yanuar Parahita Adiwijaya

Ethics, Impact and Security

Posted: November 19th 2012

Pada pertemuan ini PTI mengenai Ethics, Impact and Security. Etika adalah cabang dari filosofi yang berhubungan dengan apa yang dianggap benar dan apa yang salah. Kode Etik adalah prinsip yang membimbing member dari sebuah organisasi. Tipe dari Etichal Issues adalah privasi, akurasi, properti, dan aksebilitas. Privasi maksudnya apa yang dikumpulkan, di simpan dan di bagikan tentang yang lain. Akurasi maksudnya apa yang dilakukan untuk menjamin keotentikan dan keakuratan data. Properti adalah siapa yang memiliki properti intelektual dan bagaimana mereka mengkompensasi hal itu. Aksesbilitas maksudnya siapa yang dapat mendapatkan informasi.

Privasi informasi adalah hak untuk menentukan informasi apakah informasi tentang diri sendiri dapat dibagikan dengan yang lain. Elektronik surveillance adalah pengguna komputer yang dapat melakukan monitoring tanpa mengetahui baik di kantor maupun di rumah. Pada umumnya sebuah organisasi seharusnya hanya mengumpulkan data yang didapatkan dengan legal dan adil, memastikan data itu akurat, lengkap dan uptodate, mengatahui kenapa mereka mengumpulkan data, memastikan data hanya digunakan untuk tujuan tertentu, dan menjaga data dengan baik.

Sistem informasi adalah subjek untuk banyak ancaman. Ancaman terhadap sistem informasi dapat dibagi menjadi 2 yaitu ancaman secara disengaja maupun ancaman secara tak disengaja. Contoh dari ancaman yang tidak disengaja adalah human error, lingkungan yang berbahaya, dan kegagalan sistem komputer. Contoh dari ancaman yang disengaja adalah serangan kriminal. Beberapa metode serangan adalah gangguan data, penipuan dengan program secara disengaja. Melindungi IT dapat dilakukan dengan cara Individual dan organisasi, strategi perlindungan umum, strategi mengontrol aplikasi, strategi mengontrol jaringan, memeriksa kualitas lewat audit, dan pencegahan bencana dan rencana pemulihan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php