Yanuar Parahita Adiwijaya

Electronic Commerce

Posted: November 12th 2012

Pertemuan ini mengenai electronic commerce yang sering disingkat e-commerce. E-commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, layanan dan informasi lewat jaringan komputer, terutama Internet. Sejarah E-commerce berawal pada awal tahun 1970-an. E-commerce awalnya hanya terbatas pada bisnis yang besar seperti Electronic Fund Transder(EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI).

E-commerce memiliki 3 konsep yaitu traditional commerce, pure EC, dan Partial EC. E-business adalah pengertian lebih luas dari E-commerce yang didalamnya tidak hanya ada pembelian dan penjualan produk dan layanan tetapi juga melayani pelanggan, berkolaborasi dengan partner bisnis, melakukan transaksi elektroni dalam sebuah organisasi. Tipe dari E-commerce adalah Business-to-business EC(B2B), Collaborative commerce(c-commerce), Business-to-consumer EC(B2C), Consumer-to-businesses(C2B), Cpnsumer-to-consumer(C2C), Intrabusiness (intraorganizational) commerce, Government-to-citizen(G2C dan Mobile commerce(m-commerce).

Aplikasi EC didukung oleh infrastructure dan 5 area support yaitu People, Public policy, Technical standarts and protocols, Business partners, dan Support services.

 

Infrastructure adalah hardware, software dan jaringan yang dibutuhkan untuk mengadakan transkasi, komunikasi dan kolaborasi. Ada beberapa mekanisme pembayaran elektronik yaitu cek elektronik, kartu kredit electronic, uang elektronik dalam komputer, pembayaran kartu electronic dengan e-cash, smart cards, person-to-person payment systems, transfer dana elektronik, dompet elektronik dan kartu pembelian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php