Yanuar Parahita Adiwijaya

Telecommunications and Networks

Posted: October 22nd 2012

Pertemuan ini mengenai Telecommunications and Networks. Pada pertemuan ini dijelaskan mengenai komunikasi komputer adalah proses dimana 2 atau lebih komputer atau perangkat mentransfer data, instruksi, dan informasi. Komponen sistem telekomunikasi adalah hardware, media, network , software, penyedia komunikasi data, protokol dan aplikasi. Dalam telekomunikasi terdapat 2 sinyal yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal analog adalah sinyal yang memiliki gelombang yang berkelanjutan. Sedangkan pada sinyal digital adalah sinyal yang memiliki gelombang yang terpisah.

Saluran komunikasi memiliki beberapa media yaitu twisted-pair wire, coaxial cable, fiber-optic cable, microwave, satellite dan radio. Setiap media itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masih seperti fiber-optic dapat menyalurkan informasi dengan sangat cepat tetapi harganya mahal. Media yang paling canggih adalah menggunakan satelit tetapi satelit memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan media-media yang lain.

Network adalah Alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Network sendiri memiliki 2 jenis yaitu LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Local area network adalah sebuah network yang memilki luas geografis yang relative kecil. Contoh penggunaan LAN adalah seperti di rumah atau di kantor. Sedangkan WAN adalah sebuah network yang memiliki luas geografis yang relative besar. Contoh salah satu penggunaan WAN adalah internet.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php