Yanuar Parahita Adiwijaya

Computer Hardware

Posted: September 24th 2012

Pada tanggal 11 September 2012. Mata kuliah PTI mengenai Perangkat Keras Komputer. Perangkat keras dari Sistem Informasi adalah CPU(Central Processing Unit)/Unit Sistem, Memori(Primary dan Secondary storage), Input devices, dan Output Devices. 2 komponen inti dalam motherboard adalah CPU yang sering disebut Processor yang memberikan perintah kepada komputer apa yang akan dilakukan, dan Memory sebagai tempat menyimpan sementara data/instruksi. Di dalam komputer terdapat berbagai macam komponen yaitu processor, memori, adapter card, ports, driver bays dan power supply. mother board atau yang sering disebut system board adalah circuit board utama dalam unit sistem. Di motherboard terdapat adapter cards, processor chips, and
memory chips.

Microprocessor mengeksekusi perintah untuk melakukan pengolahan tugas-tugas. Di dalamnya terdapat 4 komponen yaitu Control Unit, Arithmetic-Logic Unit, Registers, Primary Storage. Control unit berfungsi sebagai alat mengakses intruksi program, mendecode intruksi, dan mengontrol aliran seluruh data. Aritmetic-Logic Unit berfungsi untuk menjalankan komputasi dan perbandingan pada data. Register sebagai penyimpanan kecepatan tinggi dan menyimpan data dan intruksi. Primary storage adalah sebuah tempat penyimpanan sementara dari informasi, software aplikasi dan sistem operasi.

Secondary Memory adalah memori nonvolatile yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat di program ulang. Perbedaan Secondary Memory dengan Primary Memory adalah Secondary Memory memiliki Ukuran yang lebih besar daripada primary lalu Secondary Memory juga lebih murah dibandingkan dengan Primary Memory. Komputer mewakilkan data dalam bit. bit adalah singkatan dari Binary Digit. Dalam Binary hanya mengenal 2 angka yaitu 0 dan 1. 8 bit bernilai sama dengan 1 byte.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php