Yanuar Parahita Adiwijaya

PTI Business and IT

Posted: September 15th 2012

Pertemuan tanggal 28 Agustus 2012 ini mengenai Bisnis dan IT yang ada di dunia. Organisasi bisnis mengalami tekanan jika harus menghasilkan lebih banyak tetapi dengan sumber daya yang sedikit. Tekanan yang terjadi berasal dari berbagai macam bidang dari pasar, teknologi dan masyarakat. Oleh karena itu Organisasi Bisnis akan mulai berubah dan beradaptasi dengan perkembangan pasar, teknologi dan masyarakat yang ada.

Data adalah fakta mentah yang dikumpulkan dan tidak terorganisir. Bentuk data adalah audio, gambar, grafik, teks, suara dll. Sedangkan Informasi adalah kumpulan data yang teroraganisir dan dapat berguna. Knowledge adalah kumpulan dari informasi. Knowledge didapatkan dari informasi+learning+experience.

Informasi yang berguna memiliki beberapa syarat yaitu akurat, lengkap, flexibel, dapat dipercaya, relevan, timely, verifiable, accessible dan aman. Informasi yang akurat maksudnya adalah informasi tidak ada kesalahannya. Informasi yang lengkap adalah didalam informasi itu terdapat semua yang dibutuhkan. Informasi yang flexibel adalah informasi itu dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang. Informasi yang dapat dipercaya adalah dalam informasi itu terdapat hasil yang konsisten. Informasi yang relevan adalah didalam informasi itu berisi tentang apa yang sedang di pelajari. informasi yang timely adalah informasi itu tersedia pada saat dibutuhkan. Informasi yang veriable adalah informasi itu dapat ditelusuri. Informasi yang accessible adalah informasi itu dapat didapatkan oleh siapa saja yang membutuhkan. Informasi yang aman adalah informasi yang bersih dari kontaminasi apapun. Jika informasi itu memenuhi syarat-syarat itu maka informasi itu termasuk dalam informasi yang berguna.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php