Wendy Junito Borean

Telekomunikasi Dan Jaringan

Posted: November 4th 2012

Sistem telekomunikasi dapat di komponenkan menjadi 2 yaitu hardware dan software. Sinyal telekomunikasi terbagi menjadi 2 bagian yaitu sinyal analog bersifat gelombang berlanjut dan sinyal digital bersifat pulsa diskret. Dalam penggunaannya telekomunikasi mempunyai layanan diantaranya switched lines, dedicated lines, WATS, ISDN, dan DSL.

Jaringan sebagai penunjang telekomunikasi berguna untuk mengkoneksikan dua atau lebih sistem komputer.  Ruang lingkup lingkungan jaringan terbagi menjadai 2 yaitu LAN dan WAN. LAN mempunyai ruang lingkup jaringan relatif kecil biasanya digunakan di rumah maupun perkantoran. Perangkat jaringan LAN yang digunakan adalah gateway, bridge dan router. Sedangkan WAN mempunyai ruang lingkup jaringan yang luas seperti penggunaan internet.

Perangkat lunak jaringan telekomunikasi mempunyai komponen yaitu sistem operasi jaringan, perangat lunak pengelolahan jaringan dan protocol. Dalam perangkat lunak jaringan komunikasi mempunyai 2 tipe protokol yaitu Ethernet dan TCP-IP yaitu protokol yang mampu mengirim file besar secara akurat melalui sistem yang berbeda.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php