Wendy Junito Borean

Pengelolahan Data Dan Informasi

Posted: October 7th 2012

Pengelolahan data dan  informasi telah mengalami banyak perubahan. Sebelum dikenalnya komputer data dan informasi masih menggunakan metode pemberkasan. Pengelolahan data dan informasi saat ini menggunakan sistem basis data, yaitu pengelolahan data bersistem  digital yang menyimpan data dan informasi berbentuk tabel – tabel yang saling berhubungan. Penggunaan basis data mampu mengatasi penggandaan data, inkonsisten data, integritas data, keamanan data, dan isolasi data.

Dasar penyusunan basis data berdasarkan kolom, baris, file dan basis datanya. Terminologi Pengelolahan basis data dibagi menjadi 4 yaitu entity, atribut, primary key, dan secondary key.Lokasilasi data dalam basis data bagi menjadi 2 bagian yaitu centralisasi dan distribusi.

Pengembangan basis data terbagi menjadi 4 urutan yaitu pengembangan konseptual pemodelan desain basis data untuk pengguna, organisasi pemodelan hubungan Entiti (ER), analisis struktur data dan implementasi struktur data dalam perangkat lunak pada sistem pengelolahan basis data.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php