Wendy Junito Borean

Computer Software

Posted: September 29th 2012

Computer Software

 

      Software komputer dibuat berdasarkan 4 fundamental dasar yaitu program komputer, konsep pemprosesan program, progamming dan programmer. Software komputer dibedakan menjadi 2 bagian yaitu  sistem software dan aplikasi software. Sistem software berfungsi mengatur instruksi hasil proses hardware , sedangkan aplikasi software berfungsi menampilkan instruksi yang dilakukan oleh pengguna.

Sistem software dibedakan menjadi 2 bagian yaitu system control program dan system support program. System control program berfungsi mengontrol semua hasil proses (hardware, software, data) . Bagian utama dari system control program adalah sistem operasi yang bertugas mengatur proses program yang sedang berjalan di prosesor secara Multitasking, Multithreading, Timesharing dan Multiprocessing. system support program berfungsi mendukung spesialisasi kemampuan software seperti mengawasi proses serta melindungi sistem komputer yang digunakan, contohnya seperti sistem utility.

Aplikasi software banyak digunakan untuk fungsi keperluan bisnis. Tipe dari aplikasi software terdapat 2 macam yaitu proprietary aplication software dan off-the-shelf aplication software. proprietary aplication software adalah aplikasi yang dijual khusus untuk spesifikasi kebutuhan bisnis tertentu sebuah perusahaan, sedangkan off-the-shelf aplication software adalah aplikasi yang dijual ke banyak organisasi secara standar ataupun dapat dikembangkan lagi aplikasinya.

Kemajuan software tidak lepas dari kemajuan bahasa pemrograman yang digunakan sebagai dasar pengembangan aplikasi. Penerapan bahasa pemrograman dituangkan menggunakan logika manusia yang dapat dimengerti oleh komputer.  Ada 5 macam generasi bahasa pemrograman yaitu genarasi pertama adalah bahasa mesin yang hanya menggunakan bilangan biner 0 dan 1, generasi kedua adalah bahasa assembly berupa instruksi repetitif sederhana dari bilangan biner, generasi ketiga adalah bahasa prosedural berupa perpustakaan perintah yang lebih singkat dan hampir menyerupai dengan bahasa manusia contohnya seperti bahasa C, generasi keempat adalah bahasa non prosedural berupa bahasa perintah yang lebih spesifik menyerupai bahasa manusia contohnya bahasa SQL.  Generasi kelima adalah bahasa intelegensi berupa kesempurnaan proses bahasa alami manusia yang sedang dan akan dikembangkan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php