Wendy Junito Borean

Hardware Computer

Posted: September 23rd 2012

Hardware Computer

 

Hardware merupakan komponen sistem informasi perangkat keras yang terdapat pada komputer yang diklasifikasikan atau beroperasi jika adanya daya. Komponen di dalam hardware terbagi menjadi 4 bagian yaitu CPU, Memory, Input devices, Ouput devices. CPU ( Central Processing Unit ) dan memory merupakan komponen utama pada motherboard. CPU berguna untuk melakukan instruksi dan memberi tahu komputer aksi yang akan dilakukan sedangkan memory merupakan tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi. Input devices merupakan komponen hardware yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi sedangkan ouput devices adalah komponen hardware yang berguna untuk menampilkan hasil berupa data informasi yang dimasukan.

Komponen – komponen CPU terdiri dari processor, memory, adapter card (Sound card, Modem Card , Video Card, Network Card) , Ports, Drive bays dan power supply. Semua komponen CPU tersebut ditempatkan dalam satu tempat yang bernama motherboard yang berguna untuk menampung segala bentuk operasi komputasi yang dijalankan. Piranti CPU yaitu processor merupakan otak dari semua bentuk pengeksekusian instruksi komputasi di dalam komputer. Processor terbagi menjadi 3 bagian yaitu Control unit, ALU dan registers. Penjabarannya sebagai berikut :

  • Control unit berguna untuk mengakses data instruksi, mengkodekan instruksi berupa kode 0 dan 1, dan mengontrol data melewati sistem/bus.
  • ALU berguna untuk melakukan aksi instruksi aritmatika dalam proses komputasi dan komparasi data.
  • Register berguna untuk menyetor hasil dan menahan data serta instruksi sebelum ke primary storage

Memory didalam komputer terbagi menjadi 2 bagian yaitu primary storage dan secondary storage. Primary storage atau disebut main memory merupakan komponen yang berguna untuk menyimpan data, instruksi , dan hasil yang setiap byte-nya berdasarkan alamat dari masing-masing proses. Primary storage pada umumnya bersifat volatile yaitu merupakan tempat penyimpaan pemprosesan data bersifat sementara, apabila tidak ada daya maka data yang di proses akan hilang. Primary storage terdiri dari berbagai komponen yaitu register, RAM, cache memory dan ROM (EEPROM, PROM, Firmware) . Secondary memory merupakan tempat penyimpanan data bersifat nonvolatile yaitu data akan tetap tersimpan bila tidak adanya daya. Secondary storage terdiri dari berbagai komponen yaitu harddisk, flasdisk, disket, disc dan lain-lain. Sifat yang mencolok dari secondary storage adalah tempat penyimpanan data berukuran besar dan kinerjanya lebih lambat dibandingkan dengan primary storage.

Input device merupakan piranti diluar CPU yang bekerja untuk memasukan instruksi atau data kedalam komputer. 2 tipe pemasukan input device yaitu “data” dapat berupa text tidak terproses, gambar, nomor, suara dan video sedangkan pemasukan “instruksi” berupa program, perintah , dan user respone. Input device meliputi keyboard, microphone, joystick dan lain – lain.

Output device merupakan piranti diluar CPU juga yang bekerja menampilkan hasil keluaran pemprosesan kepada pengguna. Output device meliputi monitor, printer, spiker dan lain – lain.

Hirarki komputer adalah klasifikasi komputer berdasarkan kekuatan pemprosesannya. Di dunia terdapat beberapa klasifikasi komputer yaitu sebagai berikut :

  • Super komputer , yaitu komputer yang komputasinya bersifat super cepat, besar karena terdiri dari berbagai gabungan komputer dalam jumlah yang banyak. penggunaan super komputer contohnya digunakan oleh NASA.
  • Mainframe, yaitu komputer yang komputasinya sangat cepat  dan banyak digunakan di aplikasi militer, perusahaan dan komersial.
  • Minicomputer , yaitu komputer kelas menegah yang banyak digunakan di universitas dan laboratorium.
  • Microcomputer , yaitu komputer kelas bawah yang paling banyak digunakan dan bersifat personal , seperti PC, Laptop dan cellphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php