Sylvie Monica

Sayangi Hutan, Sayangi Orangutan

Posted: December 5th 2015

Sayangi Hutan, Sayangi Orangutan

orang-utan-kalimantan

Gambar 1. Sumber Google.com

Coba lihat kembali gambar di atas. Sungguh pemandangan yang indah bukan? Habitat yang hijau dan segar. Dua ekor orangutan sedang berpelukan dan tersenyum. Tersenyum? Ya senyum manis dari orangutan Kalimantan yang kini perlahan – lahan pudar.

Siapa yang tidak tahu dengan hewan pintar yang satu ini, orangutan Kalimantan atau dalam bahasa latin disebut dengan pongo pygmaeus. Seperti yang kita tahu bahwa orangutan Kalimantan kini berada pada status endangeredΒ  menurut IUCN RedList. Sangat disayangkan bukan?

Beberapa saat yang lalu, sempat terdengar kabar tentang orangutan kalimantan yang di β€œmusnah” kan dengan ketidakadilan karena di anggap sebagai hama. Maksud dari pernyataan tersebut yakni orangutan kalimantan disiksa hingga dibunuh dengan sadis, disebabkan adanya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan. Sungguh tidak adil bukan? Orangutan yang telah lama menduduki atau tinggal dihutan, mencari makan di hutan, kini harus diusir dari rumahnya sendiri bahkan dibunuh demi kepentingan manusia.

November 2015, Populasi primata orangutan Kalimantan menyusut drastis hingga mencapai angka 20% per tahun. Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Yaya Yaradin menyebutkan bahwa penurunan terus terjadi sejak 10 tahun terakhir. Kala itu jumlah orangutan Kalimantan mencapai 60 ribu ekor.

Penurunan populasi orangutan terjadi di area luar kawasan konservasi Kalimantan yang jumlahnya terbatas. Kawasan luar konservasi yang menyumbangkan penurunan populasi orangutan mencapai 50 % dari total populasi di Kalimantan. Kondisi orangutan diluar kawasan hutan konservasi pun memprihatinkan. Tubuh orangutan kurus, bahkan banyak anak orangutan yang baru lahir mati karena tidak bisa beradaptasi.

001937700_1447215456-20151111-OrangUtan-Kalimantan-AFP

Gambar 2. Sumber Google.com

Mayoritas habitat alam orangutan Kalimantan berada di area perkebunan sawit, hutan tanaman industri, kebun warga, hingga kawasan pertambangan. Masih ada anggapan bahwa orangutan dianggap hama yang merusak area perkebunan milik warga sehingga berimbas pada praktik perburuan liar.

Action Plan yang dapat saya berikan untuk orangutan Kalimantan sekarang ini tentu tidak banyak sebagai Mahasiswi. Hanya saja saya mau mencoba melakukan hal kecil namun berguna. Sebagai Mahasiswi Biologi, tentu saya lebih mudah untuk mempelajari cara menanam pohon yang benar dan pemberian pupuk yang tepat untuk pohon. Agar pohon yang ditanam nantinya dapat tumbuh cepat dan subur. Selain itu, adapula event yang diadakan kampus setiap tahun, yakni penanaman 1000 pohon. Dari situ saya mulai belajar cara menanam pohon yang benar pula. Meskipun menanam pohon membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh, tapi jika kita lakukan mulai dari sekarang tentu akan membuahkan hasil yang baik bagi manusia maupun orangutan.

Ketika saya lulus nanti, saya ingin menjadi relawan di Taman Nasional Tanjung Puting yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal saya. Disana kita dapat berinteraksi dengan orangutan Kalimantan sekaligus merawat mereka seperti anak kita sendiri. Sungguh menyenangkan sekaligus kita telah membantu menjaga populasi orangutan Kalimantan. Semoga Action plan saya dapat terwujud untuk mengembalikan senyum orangutan Kalimantan lagi.

Tambahan pula bagi teman-teman yang telah membaca blog saya ini, bila berminat dapat mengulurkan bantuan kalian berupa donasi ke Borneo Orangutan Survival Australia (primates help primates). Pada website ini, selain kita dapat memberikan donasi, kita dapat pula menjadi relawan.

Untitled

Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman dapat langsung klik link berikut ini:

https://www.orangutans.com.au/shopper/Donation.aspx?gclid=COKtr-iWxMkCFYcfaAodX_8GVQ

 

Referensi:

IUCNRedlist.com

Liputan6news.com


6 responses to “Sayangi Hutan, Sayangi Orangutan”

  1. aldwint says:

    Tulisan yang bagus. Dari langkah kecil menanam pohon, kita bisa membantu mengembalikan habitat orang utan. Semoga setelah lulus nanti keiinginan anda menjadi relawan di Tanjung puting bisa terwujud

  2. laurensianachandrika10 says:

    informasi yang menarik dan meberi wawasan.gerakan anti pembunuhan sadis terhadap orang utan kalimantan dapat dilakukan dengan menggandeng LSM dan masyarakat adat setempat agar populasi orang utan kalimantan tetap terjaga. save orang utan kalimantan πŸ™‚

  3. Trifonia Javalin says:

    Terima kasih atas informasinya..
    Sangat menyedihkan ketika mengetahui bahwa ada makhluk hidup yang diusir dari rumahnya sendiri πŸ™ Lagi-lagi manusia menjadi ancaman bagi kehidupan makhluk hidup lainnya -_- Semoga upaya kamu ini bisa terealisasi dengan baik πŸ™‚
    Dan juga sebaiknya informasi tentang konservasi orangutan ini lebih dipublikasikan lagi ke masyarakat luas, khususnya kepada para pelajar dan masyarakat setempat agar lebih melindungi bukannya malah memusnahkan orangutan tersebut..

  4. etti14 says:

    Hallo sylvie,, Informasi yang menarik,orangutan ini memang hampir punah karena habitatnya. Semoga Action plan kamu dapat terwujud untuk mengembalikan senyum orangutan Kalimantan seperti yang kamu harapkan πŸ™‚ Semangat !!

  5. vanessalie says:

    action plan yang sederhana namun realistis. semoga kedepannya orangutan dapat lebih dilindungi dan dijaga agar tidak punah seperti hewan-hewan yang lain hanya karena kelalaian manusia :)#saveorangutan

  6. mariadiana says:

    Wah, waktu aku baca action plan mu, rasanya agak “nyentil” hatiku. Mulia dan mengharukan. Dari kegiatan kecil seperti menanam pohon untuk mengembalikan hutan yang subur, sehingga orang utan dapat hidup ‘layak’. Juga action plan mu untuk menjadi relawan, mengurus orang utan layaknya anakmu sendiri. Kamu memiliki hati yang lembut, ya. hehehe… Semangat berjuang, Ling-ling. Semoga action plan mu yang sungguh mulia ituu daoat kamu realisasikan kelak. GBY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php