d's-blogs

mobile computing , mobile commerce, dan wireless

Posted: December 3rd 2012

Pada bagian pertama ini kita akan “berkenalan” dulu dengan mobile computing. Apa itu mobile computing? Beberapa pengertian tentang mobile computing diantaranya : mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan, merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel), merupakan sekumpulan peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi, merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.

Tidaksamadenganwireless computing. Dari definisi diatas kita dapat memahami mengapa kita membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan kita. Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device. Orang bergerak : perpindahan posisi geografis, perpindahan jaringan komunikasi, perpindahan peralatan komunikasi, perpindahan antara aplikasi. Device bergerak, perpindahan posisi geografis, dan perpindahan jaringan komunikasi. Wireless adalah suatu perangkat yang cukup kecil sehingga mudah dibawa, memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas produktif dan berkomunikasi dengan internet atau perangkat lainMicrobrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel. Pager dimana seseorang dapat mengirim pesan ke seseorang, namun hanya 1 jalan tidak bisa bolak-balik berbentuk text. Wireless Application Protokol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, bandwith rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan. Point to point memiliki dua karakteristik pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lai, dan kedua yaitu transmisi itu sendiri harus diarahkan langsung dari pemancar ke penerima.

Jaringan Sensor Nirkabel adalah jaringan saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan ke dalam lingkungan fisik. Motes mengumpulkan data dari banyak titik di ruang diperpanjang. Mote masing-masing berisi pengolahan, penyimpanan, dan sensor frekuensi radio dan antennaes. Motes memberikan informasi yang memungkinkan sebuah komputer pusat untuk mengintegrasikan laporan dari kegiatan yang sama dari sudut yang berbeda dalam jaringan. Mesh Jaringan terdiri dari motes, di mana masing-masing mote bangun untuk sepersekian detik ketika memiliki data untuk mengirim dan kemudian relay data tersebut ke tetangga terdekat.Keuntungan adalah jika salah satu mote gagal, satu lagi dapat mengambil data.

Itu tadi review dan summary dari saya. semoga bermanfaat. selamat UAS, GBU ALL. SUKSES UNTUK KITA SEMUA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php