Stefani Eka Aprilia

DDBJ (DNA Data Bank of Japan)

Posted: September 12th 2013

DDBJ

DNA Data Bank of Japan (DDBJ)  adalah bank data yang bersertifikat untuk mengumpulkan sekuen nukleotida dari para peneliti dan mengeluarkan accesion number yang diakui secara internasional. DDBJ terletak di National Institute of Genetics (NIG) di Mishima, Jepang. DDBJ adalah anggota dari International Nucleotide Sequence Database Collaboration (INSDC) yang mengumpulkan data yang terpadu. DDBJ bertukar data dengan European Molecular Biology Laboratory  dan National Center for Biotechnology Information (NCBI), setiap hari ketiga bank data ini berbagi data yang hampir sama pada waktu tertentu.  DDBJ tidak hanya menerima sekuen data dari peneliti Jepang, tetapi juga menerima data dan mengeluarkan accession number ke peneliti di negara-negara lain.  DDBJ juga mendapat dukungan dari Japanese Ministry of Eucation, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT) . Tujuan utama dari DDBJ adalah meningkatkan kualitas INSD sebagai domain publik, dimana par peneliti terbuka terhadap data mereka melalui INSD, dan dibagi ke seluruh dunia. DDBJ berupaya memberikan data sekaya mungkin menurut aturan INSD.

Ekesplorasi sumber dayanya

DDBJ berfungsi sebagai salah satu database nukleotida sekuen, termasuk EMBL-BANK/ENA/EBI di Eropa dan GenBank/ NCBI di Amerika sebagai dua angoota lainnya. Database adalah kumpulan “entry” yang merupakan unit data. Setiap unit berisi sekuen urutan nukleotida dan informasi dari submitters, referensi, sumber organisme, dan sifat biologi seperti fungsi gen dan properti lainnya dari sekuen, dll. Database ini juga mencakup data dari Japan Patent Office (JPO), European Patent Office (EPO), United States Patent and Trademark Office (USPTO) dan Korean Intellectual Property Office (KIPO).

Fasilitas dan Jasa

Selain bertukar data dengan European Molecular Biology Laboratory  dan National Center for Biotechnology Information (NCBI), DDBJ juga bekerja sama dengan dua bank data melalui pertukaran data dan informasi di internet, serta secara teratur mengadakan dua pertemuan yaitu , The International Advisory Committee dan The International Collaborative Meeting.  Pengoperasian DDBJ/EMBL-Bank/GenBank dan ICM menganut masukan dari IAC mengenai rencana pemeliharaan, manajemen, dan masa depannya setahun sekali. Komite kolaborasi internasional juga menyarankan masalah teknis berkaitan dengan kerja sama internasional yang terdiri dai peserta tingkat kerja. IAC sendiri beranggotakan 9 anggota, termasuk 3 anggota terpilih dari Eropa, Amerika, dan Jepang. Jadi DDBJ ini dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Selain memberikan database mengenai ilmu kehidupan, DDBJ juga memberikan informasi mengenai kesejahteraan manusia dalam database general. DDBJ juga bersertifikat untuk mengumpulkan sekuen nukleotida dari peneliti untuk mengeluarkan accession number ke submitter data.

Peluang pelatihan/ pendidikan yang ditawarkan

DDBJ memegang pelatihan Bioinformatics Training Course di Jepang, yang mengajarkan bagaimana menganalisis data biologi.

Stefani Eka Aprilia (110801200)

Tosi Adelia Damanik (110801178)

Cahyo Adi Laksana (110801222)


7 responses to “DDBJ (DNA Data Bank of Japan)”

  1. alfonz says:

    Posting yang bagus. Mungkin bisa di update tentang hasil dari DDBJ. terima kasih 🙂

  2. terimakasih untuk infonya…. menambah pengetahuan banget =)))
    amelia herawati 110801213
    ra dewi puspita sari 110801186
    vebrina sinaga 110801234
    daniel dae nuba hoa

  3. ditunggu postingan selanjutnyaa thankyou =D
    amelia herawati 110801213
    ra dewi puspita sari 110801186
    vebrina sinaga 110801234
    daniel dae nuba hoa

  4. stefani says:

    Thx for comment friends 🙂

  5. gittadiana says:

    Waahh sipp bangeett! Tulisannya cukup informatif. Jadi bisa kenalan sekilas sama DDBJ akhirnyaaa..haha
    Makasiih yaa.. 😀 😀

  6. gnosis says:

    udah bagus,tp mungkin bisa dieksplorasi lagi mengenai pelatihannya. Keep posting!

  7. lidia says:

    singkat, padat, dan jelas

    happy blogging 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php