Intan Rostiana Anggraeni

Pada minggu ini saya akan menuliskan materi tentang Etika, dampak, dan keamananyang sudah dijelaskan oleh Bp. Thomas Etika Didalam IT Etika adalah kepercayaan tentang hal yang benar dan salah atau yang baik atau tidak. Ada 4 tipe etika yaitu : 1. Privasi = apa yg dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain 2. Accuracy=Apa yg dilakukan untuk menjamin keotentikan dan akurasi data 3. Property=Siapa yg memiliki kekayaan intelektual dan bagaimana kompensasinya 4. Accessibility=– siapa saja yg bisa mengakses informasi IT dan Organisasi IT mempunyai potensi untuk mengubah suatu organisasi contohnya : • Perubahan struktur organisasi, bekerja jarak jauh IT dan Jobs • Kemampuan IT menjadi sebuah persyaratan • Banyak diskripsi pekerjaan yg harus didefinisikan ulang IT dan Individual • Penggunaan komputer berlebihan tidak baik untuk kesehatan Ada juga yang disebut kejahatan komputer yaitu : Computer sering menjadi target dari aktivitas kriminal con Tohnya gangguan terhadap data, program yang menipu seperti virus, dll

Posted: December 10th 2012

Pada minggu ini saya akan membahas ulang tentang Data, Knowladge, and decision support 1. Bagaimana ara kita mendapatkan data yang kita inginkan ? • Melalui sumber data: • Internal • Personal • Eksternal • Melalui teknik pengumpulan data : • Manual • Mengunakan sensor • Menggunakan scanning 2. Data bisa dikatakan bagus apabila : • Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yg diambil dari data tsb • Karakteristik high quality data: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten • Isu utama 3. Penyimpanan data • Basis data • Data warehouse • Data mart 4. Intelegensi bisnis • Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis • Semua data yg dibutuhkan untuk mengambil keputusan • Penentuan pengambil keputusan diperkuat dengan fakta, analisa, dan prakiraan 5. Qualitas data (karakteristik dari suatu data yang berkualitas) • Relevan • Aman • Terkini/terbaru • Complete • Konsisten Terimakasih 

Posted: December 10th 2012

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce 1. Teknologi Wireless Adalah perangkat yang memiliki kemampuan komunikasi tanpa kabel contohnya PDA, Celluler phone, smart phone. 2. Wireless Aplication Protocol (WAP) adalah suatu protocol yang digunakan untuk wireless mobile. Tujuannya untuk mengatur komunikasi data pada wireless kabel. Sekarang ini WAP sudah jarang digunakan karena lebih banyak menggunakan mobile/smart phone yang menggunakan http. • Micro browser : contohnya opera mini yang khusus digunakan di piranti mobile, yang menggunakan protocol WAP (opera mini sendiri melakukan kompresi data, sehingga transaksi data yang dilakukan cukup kecil) • Pager Dimana seseorang dapat mengirimkan pesan pada perangkat. Sifatnya stu arah (dilakukan sekitar 1990-an) • Microwave Transmission Point to point contohnya line-of-sight : laser, inframerah • Satelite Transmission Satelite menggunakan line-of-sight 1. Geostationary (GEO)= umumnya digunakan cuaca 2. Medium-Earth-Orbit (MEO)= teknologi GPS 3. Low-Earth-Orbit (LEO)= sinyal seperti telkomsel, IM3, dll • Foot print Adalah suatu area cakupan yang bisa dihandel oleh satelit. • Broadcast Transmission Fungsinya menyebar informasi kebanyak perangkat • Propgation delay Rentan waktu yang muncul akibat transmisi yang dilakukan oleh satelit dan transmisi yang dilakukan dibumi. 3. GPS adalah menggunakan satelit untuk menemukan psisinya minimal 3 satelit untuk menentukan posisi. 4. Internet Over Satelite (IOS) Terkomunikasi jaringan internet tetapi menggunakan satelite 5. Radio • Radio Transmission • Satelite Radio (satelite yang digunakan untuk memancarkan sinyal) • Infrared • Bluetooth (kecepatan transmit data hingga 1Mbps) • Zigbee (contohnya sinyal pemicu alarm, pedeteksi asap) 6. WLAN ( Wireless Local Area Network) Akan terhubung ke hotspot 7. Ada berapa permasalahan pada teknologi WiFi • Roaming ( melakukan login ulang) • Security • Cost ( tergantung jenis WiFi yang akan diterapkan) 8. Wimax Yaitu perkembangan dari Wifi , areanya jauh lebih besar bisa mencakup 1kota/1populasi yang digunakan dinegara maju kapasitasnya mencapai 75 Mbps. 9. Mobile Computing Memiliki wireless koneksi atau suatu perangkat yang bisa melakukan komputasi secara bergerak contoh sempoa menjadi kalkulator • Mobility : berpindah • Broad Reach : kemampuan bisa terkoneksi selagi bergerak. 10. M-Commerce (Mobile Commerce) Ketika melakukan sesuatu menggunakan perangkat mobile (transaksi jual beli) bisa juga digunakan diperangkat selluler Aplikasinya : mobile banking 11. Wireless Security 4 kejahatan yang umum : • Rogue Acces Point (suatu sata yang dibelokan/menjadi suatu siluman) • War Driving (acces point yang bergerak) • Eavesdropping • RF (radio frequensi) jamming istilahnya nge-blok Cara menanganinya : • Memblok access ID nya • Medeteksi • Encrypty data • Memantau penggunanya • Memutar frequensi yang digunakan

Posted: December 3rd 2012

teman-teman sekalian kali ini saya akan membahas sedikit pertemuan PTI tentang “ELECTRONIC COMMERCE” Definisi E-Commerce merupakan proses membeli/menjual, memberikan informasi pada komputer dalam berbasis internet. Konsep e-commerce bukan sebagai transaksi jual beli saja, tetapi juga sebagai proses bisnis. E-commerce juga mencakup 1. Periklanan 2. Pencarian pekerjaan 3. Jual beli saham 4. Melakukan lelang, dll E-Commerce dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh: 1. Infrastruktur : Hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. 2. Electronic Payment Mechanisms : tata cara pembayaran secara online harus jelas. 3. Security : bagian yang sangat penting dalam melakukan transaksi agar tidak merugikan kedua belah pihak yang melakukan transaksi. E-Commerce dibagi menjadi 3 konsep yaitu A. Traditional Commerce Merupakan transaksi fisik atau (bertemu secara langsung) antara si penjual dan si pembeli di suatu tempat. Contohnya : minimarket, warung makan, dll. B. Pure E-Commerce Merupakan transaksi non fisik (tidak bertemu secara langsung) yang dilakukan secara virtual atau maya dan memcakupi jual beli secara online. Contohnya : amazon.com. C. Partial E-Commerce Merupakan gabungan dari Tranditional Commerce dan Pure E-Commerce. Yang melakukan transaksi secara virtual atau maya dan bisa juga bertemu secara langsung antara si pembeli dan si penjual. Contohnya : bhineka.com Ada pula hal hal yang mendukung E-Commerce dapat berkembang yaitu : 1. Orang 2. Kebujakan publik 3. Teknologi 4. Partner bisnis 5. Support service Semoga penjelasan ini bermanfaat, terimakasih 

Posted: November 12th 2012

Di minggu ini saya akan menjelaskan mengenai TELEKOMUNIKASI yang sudah dijelakan oleh Bapak Thomas. Telekomunikasi itu tidak mungkin lepas dari sebuah komputer. Arti dari telekomunikasi sendiri yaitu suatu komunikasi, proses terjadi dua atau lebih komputer. Atau piranti alat yang mampu untuk mentransfer data, instruksi dan informasi. Selain itu juga untuk berbagi sumber daya. Salah satu contoh bentuk komunikasi dunia yaitu internet. Ada berbagai komponen dari sistem telekomunikasi yaitu: 1. Hardware : alat untuk komunikasinya contohnya modem, multiplex 2. Media : sebagai perantara contohnya kabel, gelombang radio, infrared, sinar laser, dll. 3. Network : jaringan 4. Software : memfungsikan atau membuat bekerja hardware, media, dan network. 5. Providers : penyedia suatu layanan 6. Protocols : suatu aturan yang mengatur bagaimana suatu komunikasi data yang bisa dilangsungkan. Ada 2 macam sinyal telekomunikasi yaitu: 1. Sinyal Analog Sinyal ini berbentuk seperti geombang continous/tidak ada putusnya. Dalam pensinyalan analog ada bentuk cara memanipulasi yaitu dengan amplitude, frekuensi, dll. 2. Sinyal Digital Jika sinyal analog berbentuk continous, tetapi jika sinyal digital berbentuk discrete pilses. WIRE- Based Communication Channels Contohnya: 1. Menggunakan kabel twisted-pair wire 2. Kabel coaxial contohnya kabel TV 3. Kabel fiber-optic Yang umumnya digunakan diperusahaan atau menghubungkan beberapa gedung ke gedung 4. Gelombang microwave 5. Satelite Jika kapasitas keil hanya bisa ke suatu negara tetapi jika kapasitas besar bisa antar benua. 6. Radio 7. Cellular radio technology 8. Infrared Understanding Communication Media Ada beberapa istilah yaitu: 1. Bandwith yaitu kumpulan frekuensi. Banyak/besarnya suatu frekuensi yang menunjukkan suatu banwith 2. Transmission Mode 3. Asynchronous yaitu karakter ke karakter 4. Synchronous yaitu streams ke karakter Ada juga yang disebut akurats transmisi yaitu seberapa basar atau cepat data yang ditransmisikan, seberapa baik atau errornya seberapa baik koneksi errorny. Ada beberapa contoh layanan suatu penyedia layanan (Telecomm Service) 1. Switehed Lines 2. Dedicated Lines 3. Wide-area Telecomm Service (WATS) 4. Digital Subscriber Lines (DSL) 5. Tmnet-treamix umumnya pada suatu jaringan komputer berbasis prepoktif yang ditujukan dirumahan/perumahan. Ada perbedaan antara LAN dengan WAN Jika LAN : Yang artinya suatu kumpulan pada jaringan komputer disuatu area geografik yang kecil.beberapa LAN terkoneksi dengan Bridges. Sedangkan WAN : yaitu jaringan pada suatu area geografik yang lebar dan besar. Ada beberapa Componen Communication Software yaitu : 1. Network Operating System 2. Network Management Software yang berfungsi untuk mengelola semua fungsi pada suatu jaringan. 3. Protocols sebagai pengatur komunikasi atau berisikan aturan pada komunikasi Macam aplikasi telekomunikasi yaitu: 1. Electronic mail 2. Electronic data 3. Electronic Funds 4. Videoconferencing 5. Facsimiles 6. Telecommuting 7. Distance Learning 8. Telematics

Posted: October 4th 2012

Di blog ini saya akan menjelaskan tentang DATA yang sudah diterangkan oleh Bapak Thomas. Hirarki data atau bisa disebut level dari suatu data itu terdiri dari 1. Data base 2. Field 3. Record 4. File. Data Management Teminology, terdiri dari 1. Entity 2. Attribute, yaitu field. 3. Primary Key, suatu identitas yang unik. 4. Secondary Key, field pebeda tetapi tidak unik. Bisa digunakan untuk suatu identitas grup. Pada suatu penyimpanan database terbagi menjadi 2 yaitu Centralized (terpusat) dan Distributed (tersebar) Ada fungsi dari DBMS Benfits yaitu 1. Mengatur, menyimpan, mengolah data, dll (tetapi bisa juga dikatakan sebagai tools) 2. Mengatur integritas data 3. Mengurangi inconsistency (ketika orang ingin memasukan data tidak salah contohnya memasukkan tanggal lahir seseorang) dan redudancy data Ada pula yang disebut dengan 1. DDL (Data Definition Language) Fungsinya untuk membentuk struktur suatu data. 2. DML (Data Manipulation Language) Yang berarti bahasa yang digunakan untuk memanipulasi data misalnya menambahkan, mengapus data dll. 3. Data Dictionary Digunakan untuk mendefinisikan elemen dan karakteristik data, tetapi pada umumnya dibuat dalam bentuk tabel.

Posted: October 4th 2012

Minggu ini saya akan membahas tentang apa itu SOFTWARE. Softwaremerupakanperangkatlunak yang tidakdapatdisentuh, software sendirimenurutsayaterdiridarisegala yang dapatmembantukerja Hardware. Dasar suatu saftware yaitu • PROGRAM Adalah kupulan dari instruksi yang dipahami oleh komputerakan diambil oleh CPU dan akan dikeluarkan lagi. Sedangkan yang menulis/membuat ebuah program disebut Programing. Di dalam software ini ada juga yang disebut dengan: • Sistem Software yaitu instruksi yang menghandel resources hardware. Dibagi menjadi 2 yaitu System Control Programs (mengontrol) dan Sytem Suport Programs (memiliki suatu kemampuan yang sangat khusus). Sistem software ini bersifat independen dari setiap aplikasi yang tergantung pada sistem software. • Application Software yaitu sebuah instruksi yang memiliki tujuan tertentu. • Process Management • Multitasking, melakukan 2 hal atau lebih task, program yang berjalan pada saat bersamaan. • Multithereading, mengelola beberapa program yang sama pada saat bersamaan. • Timesharing, user, program, aplikasi yang menggunakannya bersamaan & mereka berbagi agar pengguna bergantian. • Multiprocessing, melakukan proses secara bersamaan dengan menggunakan lebih dari 1 CPU • Operating System Service Dibagi menjadi 3 yaitu • Virtual Memory, sesuatu yang berasal dri memory eksternal yang digunakan untuk menambahkan main memory. • File Management, mengelola file • Fault Tolerance, sebuah sistem operasi tetapi bisa melakukan pekerjaan yang lain jika error tapi harus dihandel dengan menghasilkan suatu peringatan. • Software Aplikasi • Properitary Aplication Software Dibuat/didapatkan spesifik untuk suatu perusahaan tertentu. • Of The Shell Dapat digunakan atau dibuat perusahaan. Misalnya personal app software.

Posted: September 27th 2012

Computer Harware, yang berisi tentang bagian-bagian dari komputer. Beberapa komponen keras dalam system informasi contohnya 1. CPU adalah sebuah micropocessor yang mengeksekusiinstruksiuntukmenjalankantugaspengolahan. Komponen-komponen CPU : • Control Unit (CU) ; mengakses instruksi program, mentafsirkan (decode) instruksi, mengontrol aliran data di sistem, dan jalur aliran data disebut buses. • Arithmetic Logic Unit (ALU) ; melakukan proses komputasi pada data dan proses komparasi data. • Registers ; tempat penyimpanan data dengan kecepatan tinggi dan menyimpan data & instruksi. 2. Memory adalah komponen elektronik yang menyimpan instruksi, data, danhasil. Terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard atau circuit board lainnya. Setiap byte di simpan di lokasi yang unikdisebut address. Terdiridari : • Primary Storage adalahpenyimpanansementara yang menyimpan 3 halyaitu : information, application software, danopperating system. Meningkatkankapasitas memory danperformasistem. High-capacity storage. • Secondary Storage 3. Input Deviceadalah data atauinstruksi yang dimasukkankememorikomputer. 2 tipe input yaitu data daninstruksi. 4. Output Deviceadalah data yang telahdiproseskedalambentuk yang bisadigunakandisebutinformasi.

Posted: September 27th 2012

 Infrastruktur informasi Adalah elemen-eleme yang membat suatu informasi itu bisa diproses atau bisa disebut pendukug suatu kegiatan. Meliputi: • Hardware • Software • Jaringan & telekomunikasi • Database • Sistem informasi managemen  Transaction Processing System Adalah alat bantu atau sistem yang membantu aktivitas manusia sehari-hari. Misal: Menginput, mengumpulkan, mengkoleksi bebragai data  Management Informasi Sistem Adalah mengelola suatu data yang sudah ditransaksikan dan menyajikan informasi pada suatu sistem dibawahnya. Misal: melihat/memprediksi suatu trand, melihat proses transaksi bulanan  Office Automation System Bisa melakukan atau memeriksa data secara otomatis.  Dicision Support System Suatu sistem yang berfungsi membantu level managerial untuk membantu sistem.  Intlelligent Support System (ISSs) Adalah suatu sistem yang bisa memberikan keputusan, namun memiliki kemampuan untuk mempelajari history dari awal.  End User Computing Adalah orang yang menggunakan hasil proses sistem yang artinya dia mendapatkan output sistem. Atau pengguna langsung pada suatu sistem.  Knowladge Management System Adalah suatu hasil pekerjaan pada perusahaan yang diukur secara kualitatif dan kuantitatif. Ada pula kriteria tambahan yang diukur secara tidak pasti.  Data Warehausing Adalah suatu gudang data yang tersimpan dalam suatu database, akan digunakan pada sistem organisasi Misal: management informasi sistem, dll.  Mobile Computing Mobile (bergerak) Computing (melakukan proses komputasi) Yang artinya proses melakukan komputasi yang dilakukan secara berpindah-pindah.  Chief Information Officer (CIO) Adalah bagian yang bertanggung jawab pada sebuah informasi.

Posted: September 11th 2012

Hello world!

Posted: September 10th 2012

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php