'Logi Blog

Blog Archives


Blasteran Lele-Patin

Posted: April 2nd 2016

Ceritanya sih bukan blasteran.. cuma mirip-mirip aja antara lele dan patin haha. Tau kah kamu ikan tagih?Mungkin pernah ada yang tau tentang ikan ini kalau aku kenalkan dia dalam beberapa bahasa ya. Dalam bahasa betawi ikan ini dipanggil ikan Bawon; Senggal atau Singgah dalam bahasan Sunda; Tagih atau Tageh dalam bahasa Jawa; Niken, Siken, Tiken atau Tiken Bato oleh masyarakat Kalimantan Tengah; Baung dalam bahasa Indonesia dan lain-lain. Ikan ini mungkin tidak endemik di Bandung, Jawa Barat, tempat besarku dan tapi tersebar banyak di daerah asia tenggara (tepatnya¬†Paparan Sunda) Ikan tagih memiliki nama latin Bagrus nemurus dan masih termasuk dalam marga Hemibagrus. Ada 2 sinonim dari spesies ini yaitu Hemibagrus nemurus dan Mystus nemurus tapi, ikannya sama kok. Kaya gimana sih bentukkannya? Saya sebut ini campuran Patin dan Lele . Hehe. Tapi memang ikan ini masih kerabat dengan ikan Lele. Makanannya sama dengan ikan lainnya yaitu memiliki sifat omnivore (pemakan … Read more


Air! Air! Sumber air su’ ada…

Posted: December 4th 2015

Halo teman-teman. Senang sekali rasanya bisa mendapat kesempatan lagi untuk menulis sesuatu yang berguna. Beberapa waktu lalu saya menulis tentang upaya identifikasi makhluk hidup dengan metode molekuler dan pemberian informasi tentang satwa Indonesia yang harus dilindungi. Sekarang saatnya merencanakan aksi nyata yang akan dilakukan untuk upaya konservasi tersebut. Pada saat ini, saya tidak akn membahas tentang burung rangkong atau gajah Sumatra lagi. Lokasi dan wilayah teritori hewan-hewan itu yang begitu luas nampaknya sangat sulit untuk saya ikuti dan mengusahakan konservasinya. Maka kali ini saya sebagai pemula yang akan merencanakan kegiatan konservasi akan memulainya dengan merancang rencana konservasi sumber kehidupan yaitu AIR. Air sangat penting bagi kehidupan makhluk di bumi karena sebagian besar dari sel-sel makhluk hidup terdiri dari cairan. Dalam hal ini, yang sangat dipengaruhi oleh keberadaan air adalah tanah dan akan berimbas pada tumbuhan-tumbuhan. Penggunaan dan ketersediaan air yang tidak seimbang akan berakibat buruk pada lingkungan sekitarnya, maka diperlukan … Read more



© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php