'Logi Blog

Klasifikasi Sumberdaya Alam

Posted: February 29th 2016

Sumberdaya alam beragam bentuk atau macamnya. Untuk mempermudah dalam kajian atau komunikasi maka dilakukan pengelompokan atau klasifikasi. Dalam literur tentang bidang ini akan banyak ditemukan perbedaan atau variasi. Hal ini bisa dimengerti karena dasar yang digunakan dalam menentukan klasifikasi tersebut berbeda. Pada bagian ini akan dijabarkan beberapa klasifikasi sumberdaya alam dengan dasar yang berbeda-beda.

1. Klasifikasi SDA berdasarkan sumber asalnya. Ada dua kelompok:

a. Biotik (biotic): SDA yang diperoleh dari biosfer (material hidup dan organik). Contoh: hutan, binatang/satwa dan material yang berasal darinya. Dengan demikian bahan bakar fosil, seperti batu bara dan minyak bumi, termasuk dalam kelompok ini.
b. Abiotik (abiotic): SDA yang berasal dari material tidak hidup dan anorganik. Contoh: lahan, air, logam

2. Klasifikasi SDA berdasarkan tahapan perkembangannya. Ada empat kelompok:

a. SDA potensial (potential resources) SDA yang berada di suatu daerah dan dapat dimanfaatkan di masa mendatang. Contohnya: air di sungai bawah tanah di Gunungkidul, sebelum bisa diambil dan dimanfaatkan SDA ini tergolong dalam SDA ini.
b. SDA aktual (actual resources) SDA yang sudah diketahui dengan pasti kuantitas dan kualitasnya serta sudah dimanfaatkan saat ini.
c. SDA cadangan (reserve resources) Bagian dari SDA aktual yang dapat dikembangkan secara menguntungkan di masa mendatang. d. SDA stok (stock resources) SDA yang sudah disurvei, namun belum bisa dimanfaatkan karena keterbatasan teknologi.

3. Klasifikasi SDA berdasarkan keterbaruannya. Ada dua kelompok:

a. SDA terbarukan (renewable resources) SDA yang secara alami bisa memperbaharui diri.
b. SDA tak terbarukan ( non renewable resources) SDA yang pembentukannya sangat lambat sehingga tidak bisa memperbaharui diri (dengan cepat).

4. Klasifikasi sumberdaya alam berdasarkan sifat atau kondisinya. Ada tiga kelompok SDA menurut klasifikasi ini:
a. SDA yang tida bisa habis (inexhaustible natural resources) Sumber daya ini tidak akan pernah habis walau dimanfaatkan oleh manusia

b. SDA yang tergantikan dan bisa dipelihara (replaceable and maintainable natural resources)

c. SDA yang tak tergantikan (irreplaceable natural resources)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php