pradhanahanggarjita

PTI {Telecommunication And Networks}

Posted: November 1st 2012

Pada minggu ke tujuh ini mempelajari tentang Telekomunications and Network. Pada bab ini mempelajari tentang component yang ada dalam sebuah telecomm system, teknologi yang dipakai dan variasi yang dipakai dalam konfigurasi network. Apa yang dimaksut dengan computer komunikasi? Sebuah proses dimana sebuah computer device menstransfer data, instruksi dan informasi. Perkembangan teknologi pesat ini banyak yang menerapkan teknologi ini. Teknologi Sinyal Digital maupun Teknologi Sinyal Analog. Ada yang hanya menggunakan satu teknologi, ada juga yang menggunakan keduanya. Signal yang dimaksud adalah cara komputer berkomunikasi dengan komputer lain dengan contoh Analog signal, Digital signal, Twisted-pair wire, Coaxial cable, Fiber-optic cable. Analog signal adalah Sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Isyarat analog biasanya dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Digital signal adalah Sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1.Teknologi Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau/noise, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Sinyal Digital juga biasanya disebut juga Sinyal Diskret. Twisted-pair wire Merupakan kombinasi dua helai kawat yang saling dikaitkan silang-menyilang (twisted-wire). Dalam satu kabel bisa terdapat lebih dari satu pasang twisted-wire yang dibundel menjadi satu. Contohnya pada kabel telefon dan mudah mendapat gangguan. Coaxial cable Sebuah kabel yang terdiri dari tiga lapisan: (1)bahan isolasi, (2)anyaman logam, dan (3)pelindung luar dari plastik. Kabel ini umumnya dipakai sebagai kabel antena televisi, karena bisa direntang lebih panjang dibandingkan twisted-pair dan lapisan pelindungnya lebih tebal sehingga dapat mengurangi noise secara maksimal. Fiber-optic cable Terdiri dari ratusan benang halus – sehalus rambut manusia – yang dinamakan serat optik. Serat optik ini terbuat dari campuran gelas dan plastik dan berfungsi menyalurkan cahaya sebagai pengantar data/sinyal.

Selanjutnya pengertian Microwave adalah tingkat kecepatan suatu akses dari suatu komputer telekomunikasi dengan microwave seperti membangun tower – tower.  Merupakan bentuk radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), Kelemahan gelombang mikro adalah rentan terhadap cuaca seperti hujan dan mudah terpengaruh pesawat terbang yang melintas di atasnya.

Satelit komunikasi adalah Sebuah satelit buatan manusia yang ditempatkan di angkasa dengan tujuan telekomunikasi. Jelas saja biaya yang di perlukan sangat mahal dan kelebihannya ialah sangat cepat mengakses suatu data dan jangkauan sangatlah luas . Tetapi kelemahannya jika ada kerusakan butuh biaya yang lebih besar.

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Jangkauannya terbatas, contohnya kita berada di kota Yogakarta kita dapat mendengar siaran radio dari Yogakarta tetapi ketika kita di Papua contohnya , Sorong. Kita tidak dapat lagi mendengar siaran radio dari Yogyakarta. Kelemahannya bisa saja gangguan dari cuaca atau dari kerusakan dalamnya.

Infrared adalah Alat atau gelombang kecil yang digunakan untuk mengirim data dari jarak dekat .Biasanya ada dihandphone – handphone model lama yang hanya bisa mengirim data pada jarak ± 15 cm.

Selain itu kita juga membahas tentang Transmission speed(kecepatan transmisi),Transmission mode (Mode transmisi), Transmission accuracy (ketepatan transmisi). Untuk Network dibagi menjadi dua yaitu local area network (LAN) dan Wide area Network (WAN).

Pada bagian jaringan computer dibagi menjadi 3 yaitu jaringan system operasi yang gunanya untuk memungkinkan semua perangkat pada jaringan untuk saling berkomunikasi, manajemen jaringan software bertugas menyederhanakan tugas managemen jaringan manusia, sedangkan protocol berguna menentukan aturan yang mengatur komunikasi perangkat melalui jaringan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php