pradhanahanggarjita

PTI {Managing Data and Information}

Posted: October 6th 2012

Pada pertemuan keenam ini kami mepelajari tentang Managing Data and Information atau disebut juga dengan Mengelola Data dan Informasi Organisasi. Pertama dimulai dari data secara hierarki tersusun atas field, record, file, data base. Field terdiri dari beberapa karakter atau lebih disebut atribut, untuk record kumpulan dari field, file kumpulan dari record, dan data base kumpulan dari file. Satu lagi dasar dari penyusunan dan akses data Recall …8 bits => 1 byte => 1 character. Untuk satu baris sama dengan satu record, sedangkan untuk satu kolom sama dengan satu field, sama halnya dengan satu table terdiri dari dari satu file. Terminologi dari data management didalamnya ada Entity ( benda atau apapun yang akan dikelola), Attribute ( atau disebut Field ), Primary Key (field yang sifatnya unik), Secondary Key (dipakai sebagai patokan boleh sama/kembar ).

Beberapa komponen database ada dua yaitu ISAM (Independend sequential access method) dan Direct File Accces Method. ISAM menggunakan index untuk pencarian suatu data,sedangkan direct file menggunakan key untuk mencari data. Data dalam data base bias diletakkan di dua tempat yaitu centralized dan distributed. Tetapi ada keuntungan dan kekurangan di setiap letak tersebut. Contohnya bila kita meletakkan data di centralized keuntungannya data terletak dalam satu lokasi, mudah perawatannya, data lebih konsisten, dan keamanan lebih terjamin. Tetapi kekurangannya kita terpengaruh oleh kecepatan, terpusat pada satu lokasi saja, dan terdistribusi ke srver-server yang lain. Keuntungan jika kita meletakkan data di distributed contohnya ada back up data, akses user lebih mudah atau cepat, ada beberapa copy pada beberapa lokasi, bias digunakan secara terpusat atau terdistribusi. Untuk kekurangannya hamper tidak ada karena lebih komplek dan efisien jika kita menggunakan distributed.

Ada berapa langkah-langkah untuk membuat database yaitu dengan conceptual dessain (membuat konseptual desain), mengorganisasikan dengan entity-relationship, menganalisa struktur data dengan mengubah ke bentuk normal, mengimplementasikan sebuah struktur data ke dalam database aplikasi software contohnya seperti Ms access atau My SQL. Databases Management System adalah Application programs yang diberikan akses pada data yang disimpan dengan berbagai mekanisme. Beberapa komponen DBMS yaitu data model ,data dictionary, data definition language (DDL),data manipulation laguange(DML). Data model adalah struktur data secara konseptual, data dictionary adalah digunakan untuk menyimpan definisi data, data definition languange adalah Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base Users menjabarkan logical view (schema) dari database menggunakan DDL Mendefinisikan Physical characteristics dari records dan fields, untuk data manipulation language adalah Digunakan untuk mendapatkan isi dari database menyimpan atau meng-update informasi pada database. Ada sedikit ringkasan dari materi diatas yaitu Struktur Traditional file menimbulkan banyak permasalahan dalam manajemen data.Saat organisasi membangun struktur database yang baik, pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouses dan penggunaan data mining tools.Sistem Manajemen Database membantu menyelesaikan masalah tersebut .Pengguna lebih di arahkan pada logical view dari data bukan physical view.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php