Watch and Learn

Legal always better than Illegal !!!

Posted: December 6th 2015

Selamat datang, terimakasih telah mampir untuk membaca tulisan saya, kali ini saya akan membahas tentang Illegal fishing yang mempengaruhi konservasi lingkungan bahari. Beberapa waktu yang lalu sempat marak terjadi illegal fishing di Indonesia, oleh karena itu saya mengangkat tema tersebut dalam tulisan saya ini, selamat menikmati.

 

Permasalahan illegal fishing atau lebih dikenal dengan istilah Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing (IUU-Fishing) merupakan permasalahan yang telah lama mengakar di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah laut yang mencapai 2/3 dari seluruh wilayahnya dengan hasil laut yang cukup potensial. Potensi dari laut Indonesia juga didominasi oleh hasil ikannya, dengan lebih dari 45% spesies ikan di dunia berada di Indonesia. Indonesia juga menjadi salah satu dari beberapa zona fishing ground yang masih potensial di dunia. Beberapa alasan tersebut dapat dijadikan alasan kuat kenapa Indonesia menjadi salah satu wilayah yang sering mengalami permasalahan IUU-Fishing

fishing

Illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal menurut International Plan Of Action-Illegal, Unreported and Unregulated Fishing (IPOA-IUU Fishing) adalah kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan oleh suatu negara tertentu atau kapal asing di perairan yang bukan merupakan yuridiksinya tanpa izin dari negara yang memiliki yuridiksi atau kegiatan penangkapan ikan tersebut bertentangan dengan hukum dan peraturan negara itu

Kebanyakan nelayan asing menangkap ikan-ikan yang dilindungi seperti beberapa jenis ikan hiu dan membawa mereka untuk dijual atau hanya diambil siripnya dan membiarkan hiu tersebut mati begitu saja. Hal tersebut tentu saja dapat mengganggu keberlangsungan hidup jenis ikan hiu, mengingat beberapa jenis ikan hiu telah terancam kepunahannya.

fishing3

Meskipun di perairan Indonesia sangat kaya akan hasil lautnya, namun jika kegiatan illegal fishing tersebut terus dilakukan maka dapat dipastikan bahwa beberapa tahun mendatang hasil laut di perairan Indonesia tidak akan ada lagi, karena alam juga memerlukan waktu untuk berkembang dan memperbaiki diri.

Mirisnya, di Indonesia, dalam beberapa kasus illegal fishing justru orang Indonesia sendiri yang bersekongkol dengan Negara asing untuk melakukan illegal fishing. Nelayan kita diberikan iming-iming yang tidak seberapa harganya. Nelayan kita dibodohi dan hal tersebut berlangsung sudah sangat lama seolah mereka bahagia dengan apa yang mereka lakukan tanpa mempedulikan keberlangsungan kekayaan laut Indonesia.

 

Penanganan yang tepat dan pemberian sanksi yang tegas adalah satu satunya cara untuk menghentikan kegiatan illegal fishing tersebut. Penenggelaman kapal adalah salah satu cara untuk menindak tegas para nelayan asing yang akan melakukan illegal fishing dan memberikan tamparan keras bagi nelayan dari negara asing agar tidak sembarangan melakukan pengambilan ikan di negara lain tanpa mengikuti prosedur yang ada.

fishing2

Aksi nyata :

Mendiskusikan permasalahan tentang illegal fishing tersebut dengan kelompok studi biologi yang dimiliki oleh Fakultas Teknobiologi

Mencari informasi tentang lokasi rawan terjadinya illegal fishing

Mengusulkan untuk melakukan ekspedisi ataupun studi ke daerah rawan illegal fishing tersebut dengan perijinan dan data data yang telah disiapkan sebelumnya

Jika sudah dapat terlaksana maka sesampainya disana hal yang perlu dilakukan pertama kali ialah berdiskusi dengan nelayan setempat untuk mengetahui masalah yang terjadi disana serta memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kelestarian laut kita dan memberikan pandangan tentang betapa baiknya jika para nelayan sekitar bekerja mandiri tanpa bersekongkol dengan pihak asing dalam kasus pencarian ikan.

Aksi yang mungkin dapat dilakukan adalah membuat tanda larangan illegal fishing di kawasan/area yang telah ditentukan dan memberi ancaman bagi nelayan asing yang akan melakukan illegal fishing.

Jika masih ada masalah illegal fishing yang belum dapat diselesaikan pada saat ekspedisi, maka informasi yang telah didapatkan dapat didiskusikan dengan komunitas peduli lingkungan bahari agar dapat melakukan aksi yang lebih konkrit.

fishing1


8 responses to “Legal always better than Illegal !!!”

  1. yulianrozi says:

    aksi ini tergolong sulit, karena daerah perairan kita yang luas sehingga sulit untuk melacak kapal-kapal nelayan yang melakukan illegal fishing. Oleh karena itu, dukungan dari pihak berwenang sangatlah penting, kita tidak dapat melakukan ini sendiri.
    Action plan yang sudah efektif, menurut saya adalah yang seperti yang sudah dilakukan mentri kelautan kita. Namun kita juga harus dapat melakukannya secara lembut, agar tidak merugikan pihak manapun

  2. Saktyari says:

    informasi yg menarik,indonesia memang kaya akan hasil lautnya, namun penting nya pengetahuan agar hasil laut yng harusnya murni untuk indonesia tidak lagi “dicurangi” oleh negara asing.

  3. Langlang Angkasa A. (130801361) says:

    Masalah illegal fishing kebanyakan terjadi di daerah perairan perbatasan antar negara. Mungkin karena adanya ketimpangan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan kita yang gak seimbang. Dimana di daerah2 tertentu terutama kepulauan di perbatasan masih minim pembangunan dan ekonomi. Membuat daya beli masyarakat rendah dan para nelayan lebih tergiur menjualnya kepada negara tetangga meskipun itu illegal karena peetimbangan ekonomi mereka sendiri. Nah yang kedua karena kurangnya penjagaan di wilayah perairan Indonesia akibatnya banyak para nelayan ilegal yang leluasa mencuri ikan di negara kita. Sekedar tulisan tidak akan mengurangi masalah illegal fishing.

  4. hervierarosita says:

    Illegal fishing merupakan salah satu permasalahan yang tidak pernah ada habisnya, terlebih di negara berkembang seperti di negara kita. Semoga generasi kita lebih pandai memanfaatkan lingkungan bahari, sehingga aksi yang anda cetuskan ini dapat berjalan dengan lancar. Tapi apakah aksi ini hanya terbatas pada lingkup FTB UAJY saja? karena anda mungkin dapat mengajak massa dengan lingkup yang lebih luas lagi agar lebih dapat memudahkan aksi untuk konservasii lingkungan bahari. terimakasih.

  5. Trifonia Javalin says:

    Permasalahan illegal fishing memang adalah permasalahan yang sudah sangat lama, dan menurut saya termasuk juga permasalahan yang sangat sulit untuk diatasi. Hal tersebut dikarenakan, penegasan hukum di Indonesia sendiri yang masih kurang. >_<
    Semoga dengan action plan kamu ini, dapat membantu mengatasi permasalahan tentang illegal fishing ini guna untuk menyelamatkan keberlangsungan hidup organisme laut khususnya ikan hiu yang status keberadaannya saat ini sedang terancam.
    Saya sangat setuju dengan action plan kamu yang ingin mengadakan penyuluhan dengan para nelayan, karena mereka merupakan pihak yang sebenarnya sangat memiliki peran dalam hal ini..

  6. Orta Yudhistira says:

    Terimakasih atas komentar, saran, dan kritik yang diberikan pada tulisan saya.. Untuk menanggapi saudara langlang, memang tulisan larangan tidak akan begitu efektif, namun untuk sementara ini setidaknya hanya usaha itu yang dapat dilakukan oleh saya, dan untuk Herviera juga sama, baru hal tersebut yang dapat saya lakukan, dan seperti yg saya katakan bahwa setelah melakukan riset dengan kelompok studi FTB maka saya berencana untuk melanjutkan dengan beberapa komunitas peduli lingkungan bahari di beberapa daerah.. Terimakasih, mohon maaf jika ada salah perkataan

  7. yoseph surya says:

    tentang ilegal fishing, mungkin aksi nyata kita yaitu memberi penyuluhan pada nelayan.. apabila melihat kapal asing segera melaporkan ke pihak berwajib.. supaya dampak ilegal fishing berkurang

  8. nicolauslibriesta says:

    aksi terlalu sulit untuk dilakukan perlu persiapan yang sangat matang, tetapiselema ini akan menjadikan lebih baik tenang saja seiring berjalanya waktu pasti akan banyak pendukung yang akan membantu mnjalankan aksi ini hingga berhasil
    semangat!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php