odeode

Electronic Commerce

Posted: November 25th 2012

Sejarah, Dimulai pada tahun 1970 (jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas ) awalnya terbatas hanya untuk perusahaan besar

Ruang lingkup EC saat ini : iklan ,perbankan,jual beli elektronik,jual beli saham,lelang,pencariang pekerjaan, dll.

EC adalah proses jual beli, pertukaran produk layanan dan informasi melalui jaringan komputer terutama Internet
Definisi EC di ambil dari sudut pandang : komunikasi, proses bisnis, layanan , online,kolaborasi, komunitas.

E business adalah perluasan dari definisi EC yang tidak hanya terdiri dari pembeli dan penjualan barang dan jasa tetapi juga meliputi : layanan konsumen , kolaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronnik dalam sebuah perusahaan.

Tipe EC : Business to Business EC (B2B) , collaborative commerce (C-commerce), business to consumen EC (B2C) , Consumen to consumen (C2C), Intrabusiness commerce (intraorganizational), goverment to citizens (G2C

Aplikasi EC didukung oleh intrastruktur dan 5 support areas : people, Public policy, technical standards dan protocol, business partners, support services


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php