Annisa Bella Raphita Rodiyati

INTERNET, INTRANET, DAN EXTRANET

Posted: December 11th 2012

INTERNET, INTRANET, DAN EXTRANET

Internet merupakan king of network karena penggunanya berasal dari berbagai belahan dunia (internasional).Dengan adanya internet membuat sebuah forum menjadi lebih demokratis. Karena pertukaran informasi didalamnya sangat mudah dan protokolnya yang terbuka ,tidak eksklusif, dalam jaringan yang saling berhubungan.

Banyak layanan yang dapat diberikan oleh internet masa kini, diantaranya :

  • E-mail
  • Web
  • File Transfer
  • Chat
  • Message Board
  • Instant Messaging, dll

Internet dimulai di tahun 1969 dengan terdiri dari hanya 4 host nodes, kemudian berkembang di tahun 1984 menjadi lebih dari 1000 host nodes, dan sekarang lebih dari 150 Million host nodes.

Infrastruktur internet.

Pemerintah US sebagai penyedia content terbanyak saat ini berkontribusi dana bagi beberapa proses adminitrasi primer. KEdepannya mereka bekerja sama dengan lebih dari 180 Universitas di US untuk mengembangakan jaringan dan aplikasi terdepan dan tercanggih untuk riset dan pembelajaran.

Aliran paket informasi antara computer diatur oleh sebuah aturan umum (protocols) :

  • Internet protocol (IP)
  • Transport Control Protocol (TCP)

Setiap computer pada internet di identifikasikan dengan IP address yang berbeda-beda.

Internet adalah packet switching network dimana pesan didekompisisi menjadi paket yang mengandung bagian dari pesan plus informasi mengenai pengiriman dan penerimaan pada computer serta bagaiman paket bisa terelasi dengan paket lainnya. Packet-packet tersebut berjalan secara independen dan bisa melalui rute yang berbeda yang kemudian disusun lagi menjadi pesan yang diterima oleh computer.

Ada banyak cara yang dpat digunkan untuk mengakses internet, yaitu :

  • Connect Via LAN Server
  • Connect Via Serial Line Internet Protocol / Point Protocol (SLIP/PPP)
  • Connect Via an Online Service (AOL, MSN)

World Wide Web (WWW) merupakan aplikasi yang menggunakan fungsi internet transport dengan menggunakan system dengan standart universal untuk menyimpang, menerima, memformat, dan menampilkan informasiĀ  via client/server arsitektur.

Intranets merupakan jaringan private yang menggunakan aplikasi internet dan protocol TCP/IP dengan menyediakan akses yang mudah terhadap informasi perusahaan bagi karyawan. Intranet digunakan untuk mendeploy aplikasi perusahaan dimana keamanan menjadi perhatian utamanya.

Extranet merupakan perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners seperti supplier, distributor, dan key customer. Dengan ini perusahaan memberikan akses mudah pada informasi perusahaan dan kolaborasi yang mudah bagi rekan bisnisnya.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php