Annisa Bella Raphita Rodiyati

BUSSINES AND IT

Posted: October 8th 2012

PERANAN IT DALAM DUNIA BISNIS

Mengapa kita harus mengetahui tentang dunia IT dalam berbisnis ?

Jawabannya adalah :

  • Karena IT dapat membantu perkembangan dunia bisnis.
  • IT juga dapat memperpendek proses kerja (manajemen waktu dapat berubah)
  • Peluang karir sangatlah banyak
  • Dunia IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis

Saat ini, perusahaan menghadapi tantangan yang besar untuk dapat mewujudkan tujuannya dan menjalankan strategi bisnis yang telah di formulasikan. Informasi yang disediakan memegang peranan penting untuk dapat berhasil. IT memegang peranan penting dalam mewujudkan strategi bisnis.

Sebuah organisasi yang telah mengadopsi teknologi informasi ke dalam proses bisnis yang dilakukannya, tentunya akan ikut memikirkan peranan yang akan dilakukan oleh IT. Beberapa perusahaan ada yang menggunakan IT untuk menjalankan operasi sehari – hari agar dapat berjalan dengan baik dan efisien. Ada juga perusahaan yang menggunakan IT sebagai enabler untuk menciptakan kesempatan – kesempatan baru yang mungkin tidak akan dapat dilakukan tanpa dukungan IT. Serta IT juga digunakan sebagai cara baru untuk mengatur fungsi – fungsi yang ada dalam organisasi. Peranaan IT dalam organisasi ini juga akan mempengaruhi penyelarasan yang terjadi dalam perusahaan. Penetapan peran IT ini juga berpengaruh pada mengembangkan portfolio aplikasi yang dilakukan oleh perusahaan.

Hal yang terjadi dalam Dunia Bisnis Saat Ini adalah :

  • Pesaing bisnis lebih mengerikan karena setiap saat bisnis berkembang dan pasti akan ada yang meniru.
  • Perubahan bisnis sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman.
  • Sangat kompleks.
  • Ekonomi global yang semakin tinggi dan banyak menyebabkan ekonomi menengah ke bawah mulai hilang atau semakin kecil sehingga pada akhirnya hilang.
  • Tingkat kompetisi semakin tinggi karena persaingannya mencakup wilayah dunia.
  • Costumer fokus, yaitu : terpusat atau fokus untuk para pembeli.

Dunia bisnis saat ini juga dihadapkan dengan tekanan bagaimana mencapai produktivitas yang lebih dengan sumber daya yang terbatas .

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perbisnisan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-bisnis) atau perbisnisan elektronik. E-Commerce adalah perbisnisan menggunakan jaringan komunikasi internet.

E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-bisnis juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-bisnis ini.

E-bisnis pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perbisnisan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Dimana perusahaan-perusahaan tersebut membuat beberapa bisnis yang kerap kali kita temui, antara lain :

  1. Affiliate Marketing
  2. PPC (Pay Per Click)
  3. PTR (Paid To Review)
  4. Membuat Produk Sendiri
  5. Sistem Keanggotaan Berbayar
  6. Domain Parking
  7. Toko Online / Online Store
  8. Services / Layanan
  9. Forex Online Trading
  10. Layanan Domain dan Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php