MURIA || MURYANINGSIH

Let’s Go Join KPTK now !! tunjukkan kepedulianmu terhadap terumbu karang Indonesia…

Posted: December 6th 2015

Terumbu karang adalah salah satu ekosistem tertua yang secara ekonomi dan biologi sangat penting di dunia.Terumbu karang adalah struktur di dasar laut berupa deposit kalsium karbonat di laut yang dihasilkan terutama oleh hewan karang. Menurut Veron (1995) terumbu karang merupakan endapan massif (deposit) padat kalsium (CaCo3) yang dihasilkan oleh karang dengan sedikit tambahan dari alga berkapur (Calcareous algae) dan organisme-organisme lain yang mensekresikan kalsium karbonat (CaCo3).

Terumbu karang (coral reef) sebagai ekosistem dasar laut dengan penghuni utama karang batu mempunyai arsitektur yang mengagumkan dan dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut polip. Dalam bentuk sederhananya, karang terdiri dari satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh seperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi oleh tentakel. Polip polip ini akan memperbanyak dirinya secara vegetative hingga 1 koloni karang akan terdiri dari ribuan polip. Bisa dibayangkan 1 karang saja ribuan individu Β yang hidup, bagaimana kalau dalam terumbu karang itu terdiri dari ribuan karang? berapa banyak individu yang hidup disana.. mampu hitung? amaiziiingg kan πŸ™‚

gbr-1

gambr 1. terumbu karang yang terdiri dari ribuan individu karang

Ekosistem terumbu karang hanya terdapat di perairan tropis, sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan hidupnya terutama suhu, salinitas, sedimentasi, eutrofikasi dan memerlukan kualitas perairan alami (pristine). Di tahun 1998 telah terjadi perubahan suhu lingkungan akibat pemanasan global yang melanda perairan tropis menyebabkan pemutihan karang (coral bleaching) yang diikuti dengan kematian massal mencapai 90-95%. Selain dari perubahan suhu, maka perubahan pada salinitas juga akan mempengaruhi terumbu karang. Curah hujan yang tinggi dan aliran material permukaan dari daratan dapat membunuh terumbu karang melalui peningkatan sedimen dan terjadinya penurunan salinitas air laut. Efek selanjutnya adalah kelebihan zat hara berkontribusi terhadap degradasi terumbu karang melalui peningkatan pertumbuhan makroalga yang melimpah (overgrowth) terhadap karang.

Gambar 2. Terumbu Karang untuk tempat hidup beragam biota laut

Gambar 2. Terumbu Karang untuk tempat hidup beragam biota laut

Pertumbuhan maksimum terumbu karang terjadi pada kedalaman kurang dari 10 m dan suhu sekitar 25 o C sampai 29 oC. Karena sifat hidup inilah maka terumbu karang banyak dijumpai di Indonesia. Indonesia memiliki jumlah terumbu karang sekitar 51.020 kilometer persegi atau sekitar 17,95% jumlah terumbu karang dunia. Meskipun demikian, semakin hari keadaan terumbu karang di dunia terutama di Indonesia semakin memprihatinkan. Terumbu karang menghadapi sejumlah ancaman serius, Kerusakan terumbu karang ini disebabkan oleh berbagai penyebab, mulai dari pengambilan ikan dengan peledak, berbagai limbah buangan tambang yang masuk ke laut,pengambilan terumbu karang untuk dijual sebagai hiasan aquarium, serta dampak pemanasan global di tanah air juga mempercepat hilangnya luasan terumbu karang di perairan Indonesia.

terumbu

gambar 3. penangkapan ikan dengan cara pengeboman menyebabkan kerusakan terumbu karang

penjualan

gambar 4. Pengambilan terumbu karang dan penjualan secara ilegal

Dengan banyaknya faktor yang menyebabkan rusaknya terumbu karang perlu dilakukan konservasi terumbu karang untuk menyelamatkannya dari kepunahan. Metode konservasi yang bisa saya lakukan adalah melakukan pendekatan kepada masyarakat terutama masyarakat disekitar wilayah perairan laut. Menurut saya, Sebenarnya akar dari semua permasalahan rusaknya terumbu karang di Indonesia adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut. Apabila semua masyarakat telah peduli dan saling bekerja sama untuk tidak melakukan hal-hal yang bersifat merusak maka keindahan dan ekosistem terumbu karang akan terjaga hingga bisa dinikmati oleh anak cucu kita. Hal yang mungkin harus pertama dilakukan adalah perlunya sosialisasi kepada seluruh masyarakat dan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan untuk melestarikan, mempertahankan, dan memulihkan ekosistem terumbu karang yang sangat berharga ini untuk generasi mendatang.

kptk

gambar 5. Komunitas Peduli Terumbu Karang

Untuk mewujudkan rencana itu tentunya saya tidak bisa sendiri, perlu banyak bantuan dari semua kalangan terutama kalangan muda dan kalangan mahasiswa yang tentunya paham akan pentingnya ekosistem terumbu karang. Rencana yang ingin saya lakukan adalah membentuk sebuah Komunitas Peduli Terumbu Karang (KPTK) yang akan setiap minggunya mengadakan sosialisasi kepada masyarakat setempat. KPTK ini akan sosialisasi dari daerah ke daerah, dan akan dibuat komunitas perdaerah dengan cara mengajak pemuda pemudi didaerah tersebut untuk membentuk cabang KPTK sendiri. Dengan adanya KPTK per daerah pesisir ini akan mempermudah pemantauan kita terhadap keberlangsungan ekosistem terumbu karang.
Hal kecil inilah yang bisa dilakukan mulai dari sekarang. INGAT SEGALA SESUATU kalau tidak dimulai dari diri sendiri, siapa lagi??? kalo tidak dari sekarang, kapan lagi??? mau menunggu sampai hancur lebur dan punah?? Jangan sampai anak cucu kita mengenal terumbu karang itu sebagai legenda.. lets JOIN KPTK now !!!!


4 responses to “Let’s Go Join KPTK now !! tunjukkan kepedulianmu terhadap terumbu karang Indonesia…”

  1. Hallo Murya!!!
    Sungguh mulia tulisanmu ini menunjukkan betapa pedulinya kamu terhadap terumbu karang yang mungkin selama ini disalahgunakan oleh para penyelam yakni dirusak untuk kepuasan pribadi atau kelompok..
    Komunitas Peduli Terumbu Karang (KPTK) mungkin harus diperkenalkan pada masyarakat sehingga akan ada kepedulian dari antara mereka untuk konservasinya πŸ™‚
    Keep writing keep sharing! Proficiat πŸ˜€

  2. garvin says:

    keren nih,, semoga KPTK berkembang dan tetap semangat dalam melakukan konservasi ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php