Timothy Ryan's Blog

Wireless, Moblie Computing, and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

A. Wireless Technologies

Perangkat yang menggunakan teknologi wireless (nirkabel) disebut wireless devices. Wireless devices merupakan perangkat yang mampu berkomunikasi secara nirkabel. Biasanya,yang menjadi populer saat ini, perangkat nirkabel digunakan sseseorang untuk melakukan koneksi ke internet atauke perangkat nirkabel yang lain, misalnya telepon selular atau smart phones. Ketika suatu perangkat nirkabel membangun koneksi ke internet, diperlukan suatu
protokol yang disebut Wireless Application Protocol (WAP). Perlu diketahui bahwa perangkat nirkabel (telepon selular atau smartphones) memiliki keterbatasan, yaitu display yang kecil.Wireless Application Protocol (WAP) bertugas untuk mengatasi keterbatasan itu dengan cara mengatur tampilan suatu situs web agar sama seperti tampilan pada desktop.Disamping Wireless Application Protocol (WAP),terdapat pula microbrowser yang merupakan internet browser yang didesain khusus untuk perangkat mobile. Selain itu, juga ada Pager yang merupakan salah satu  teknologi nirkabel yang mampu membuat seseorang bisa mengirim pesan ke orang lain
secara 1 arah. Dalam artian, orang yang menerima pesan tersebut tidak bisa untuk  mengirim pesan balik kepada pengirim pesan.

Agar antar perangkat nirkabel dapat saling berkomunikasi, diperlukan suatu media transmisi yang disebut Wireless Transmission Media. Wireless Transmission Media memiliki bebeara macam, diantaranya:

1.Microwave Transmission System
Adalah suatu media transmisi yang digunakan dalam mentransmisikan data dalam volume  yang banyak dan untuk jarak yang jauh. Agar dapat mentransmisikan data, makan antara transmitter dan reciever harus saling terlihat (line-of-sight)
2.Satellite Transmission
Adalah suatu media transmisi yang menggunakan media satelit. Ada 3 macam orbit satelit, yaitu GEO (Geostationary), MEdium-earth-orbit (MEO), dan Low-earth-orbit(LEO).GEO (Geostationary) mengorbit pada ketinggian 22.300 mil diatas garis equator dan berada pada suatu posisi tertentu yang sangat cocok digunakan untuk transmisi sinyal TV. Medium-earth-orbit (MEO) mengorbit pada ketinggian 6.000 mil diatas permukaan bumi dan biasa digunakan untuk keperluan GPS. Low-earth-orbit(LEO) mengorbit lebih cepat daripada MEdium-earth-orbit (MEO) dan berada pada ketinggian antara 400-700 mil diatas pemrukaan bumi dan biasanya digunakan untuk keperluan komunikasi telepon.
Perbedaan ketinggian orbit berpengaruh pada Footprint. Footprint merupakan dareah cakupan transmisi satelit, semakin tinggi orbit suatu satelit, semakin besar fottprint-nya. Disamping itu, satelit juga memiliki kemampuan yang disebut Broadcast tansmission yang membuat satelit  mampu mengirim sinyal ke banyak receiver dalam waktu yang sama. Dalam mentransmisikan suatu sinyal, perlu adanya waktu untuk sinyal untuk mencapai receiver. waktu ini disebut propagation delay. Propagation delay merupakan suatu rentan waktu yang muncul akibat tranmisi yang dilakuakn oleh satelit atau device yang lain.

RADIO

Transmisi radio menggunakan gelombang radio transmisi untuk mengirim data antara transmitter dan receivers. Dengan teknologi yang semakin maju, radio mengalami perkembangan, yakni dikembangkannya Radio satelit. Radio satelit (radio digital ) , mentransmisikan data dari satelit ke radio yang ada di bumi dengan kualitas suara mendekati kualitas musik  CD audio. Selain itu, ada juga media transmisi yang berupa infrared
Cahaya Infrared merupakan  cahaya merah yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Biasanya, infrared digunkan dalam remote TV dan CD atau DVD player.

BLUETOOTH

Bluetooth merupakan suatu media transmisi yang digunakan untuk membuat Personal area network (PAN) dalam skala kecil . Personal area network (PAN) merupakan suatu jaringan komputer yang digunakan sebagai media komunikasi antar perangkat (devices). Bluetooh dapat menghubungkan sampai 8 perangkat dengan radius 10 m dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps.

WLAN

Wireless Local Area Networks (WLANs) merupakan suatu media  yang dapat menghubungkan suatu piranti dengan internet atau piranti yang lain  secara nirkabel.

B. Mobile Computing

Mobile Computing dapat melakukan koneksi antara suatu piranti mobile dengan internet secara nirkabel. Ada 2 hal yang membedakan dengan yang lain, yaitu mampu melakukan proses komputasi dimana saja dan kapan saja serta pengguna dapat terhubung langsung saat membawa piranti mobile.

C. M-commerce

M-commerce merupakan bagian  dari E-commerce (EC) yang menggunakan jaringan nirkabel dan internet sebagai penghubung transmisi.Perkembangan M-commerce dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu

  • Kemampuan mobile devices yang menyebar luas.
  • Tidak membutuhkan sebuah  PC
  • “Masa depan telepon selular”
  • Penghematan harga atau biaya
  • Perkembangan Bandwidth

Contoh aplikasi M-Commerce antara lain: Financial Services, Mobile Banking, Wireless Electronic Payment Systems, Micropayments, Mobile (Wireless) Wallets , dan Wireless Bill Payments


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php