Timothy Ryan's Blog

Telecommunication and Networks

Posted: October 10th 2012

Pada “Telecommunication and Networks” ini berisi mengenai komponen-komponen dasar dan tekonologi  dari sistem telekomunikasi, dan berbagai macam cara membangun sebuah jaringan komputer.

 Telecommunication and Networks mempunyai kaitan erat dengan komputer, terutama di bidang komunikasi antar komputer.  Nah, apa itu komunikasi komputer (computer communications) ? Computer communications merupakan proses penukaran data, instruksi, dan informasi antar dua atau lebih komputer atau perangkat device (contohnya: PDA, Smartphone, HP, Notebook, Tablet). Sistem komunikasinya ( Telecommunication system) merupakan suatu gabungan dari hardware dan software yang sling bekerja sama untuk mentransmisikan informasi-informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sistem komunikasi tersebut memerlukan berbagai komponen agar informasi-informasi itu dapat ditransmisikan dengan baik. Komponen-komponen tersebut antara lain:

1. Hardware

2. Media ( media penghubung, misalnya kabel UTP)

3. Networks  (jaringan)

4. Software

5. Data Communication (komunikasi data)

6. Protocol (aturan-aturan yang mengatur agar komunikasi antar komputer dapat berlangsung)

7. Provider (penyedia jasa layanan)

Dalam mentransmisikan data, perlu adanya sinyal untuk mengirim data-data yang ingin di kirim ke suatu tujuan tertentu.  Sinyal yang digunakan dapat berupa sinyal analog atau sinyal digital. Sinyal analog berbentuk gelombang yang terus menerus. Bentuk informasinya berasal dari perubahan-perubahan panjang amplitudo yang besar-kecilnya frekuensi gelombang yang digunakan. Sinyal digital berbentuk discrete pulse. Sinyal ini menggunakan sistem binary ( on or off pulse ) sehingga informasi yang dikandungnya dapat dipahami komputer dengan lebih mudah.

Supaya sinyal dapat di transmisikan, maka diperlukan media penghubungnya. Media penghubung itu dapat berupa kabel dan nirkabel (wireless). Ada beberapa  media penghubung yang berupa kabel, diantaranya: twisted-pair wire, coaxial cable, dan fiber-optic cable. Twisted-pair wire (kabel telepon) adalah media yang murah dan mudah digunakan, namun koneksinya lambat dan kurang aman. Coaxial cable (kabel koaksial) mampu mencakup banyak data dan memiliki pelindung yang lebih baik daripada kabel telepon, namun harganya lebih mahal dan sulit untuk digunakan. Fiber-optic cable (kabel serat optik) memliki kapasitas yang jauh lebih besar, lebih cepat, dan lebih aman daripada kabel telepon mau pun kabel koaksial. Hal ini dikarenakan kabel serat optik mentransmisikan data dalam bentuk gelombang cahaya yang melalui serat-serat optik kabel. Akan tetapi, penginstallan kabel ini rumit.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php