Timothy Ryan's Blog

Computer Software

Posted: September 25th 2012

Computer software Telah kita ketahui bahwa di dalam sistem komputer ada dua bagian, yaitu Hardware dan Software. Kita juga telah mengetahui bahwa Hardware merupakan perangkat komputer yang terlihat secara fisik. Nah, kali ini, akan dibahas mengenai Software.

Software (perangkat lunak) selalu berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan kebutuhan user yang semakin meningkat. Akibatnya, software harus memenuhi permintaan dari user dengan meningkatkan kualitas dari software itu sendiri. Mulai dari pembaharuan desain, peningkatan fungsi software, hingga mempermudah interaksi antara user dengan komputer yang nantinya akan membuat user dapat lebih menggunakan software secara lebih optimal.

Perkembangan software ini juga membuat software itu sendiri semakin kompleks dan rumit. Tak jarang, semakin kompleks suatu software akan dijumpai semakin banyaknya “bug”. Bug merupakan kesalahan pemrograman pada saat mendesain software.Akibatnya, muncul error saat kita menginstuksikan instruksi tertentu pada software.Untuk mengatasinya, dilakukan testing atau debugging untuk mengecek error tersebut. Tentu saja, proses testing atau debugging memerlukan waktu yang lama.

Computer software terbagi menjadi 2 bagian: System Software dan Application Software. System software merupakan perangkat lunak yang mengontrol dan mendukung aktivitas pada sistem komputer dan Application Software merupakan program yang menjalan instruksi-instruksi tertentu (spesifik).

System software terbagi lagi menjadi 2 bagian: System Control Program dan System Support Program. System Control Program untuk mengontrol penggunaan system resources, contohnya: Operating System (OS). System Support Program digunakan untuk tujuan tertentu, contohnya: system utilities.

Application Software dibagi menjadi dua bagian, yaitu Proprietary application software dan Off-the-shelf application software. Proprietary application software ditujukan khusus untuk suatu bisnis perusahaan, contohnya: software transaksi di suatu toko. Off-the-shelf application software digunakan oleh banyak perusahaan, contohnya: Microsoft Office.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php