Timothy Ryan's Blog

Computer Hardware

Posted: September 16th 2012
Computer Hardware adalah bagian-bagian perangkat komputer yang berbentuk fisik. Perangkat-perangkat ini terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya: Central Processing Unit (CPU) atau Processor, Motherboard, Harddisk (HDD), Adapter Card, Power Supply, Ports, Drive Bays, Memory, Input Devices, dan Output Devices.
 
Dalam motherboard, terdapat 2 (dua) perangkat utama, yaitu: Central Processing Unit (CPU) dan Memory. CPU berfungsi sebagai “otak” untuk memproses instruksi yang diiunput dan dikeluarkan melalui output. CPU itu sendiri terbagi menjadi beberapa bagian: Control Unit, Arithmetic-Logic Unit, Registers, dan Primary Storage. Control Unit berfungsi untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang diberikan oleh Registers, dan memberikan hasil terjemahan instruksi-intruksi tersebut kepada Arithmetic-Logic Unit (ALU ).  Arithmetic-Logic Unit (ALU) itu sendiri berfungsi untuk memproses instruksi-intruksi  yang ada, dan Register, Primary Storage adalah tempat untuk menyimpan instruksi.
 
Memory adalah hardware yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data. Memory dibagi menjadi dua, yaitu: primay storage (RAM, ROM) dan secondary storage (HDD, Flash Disk, SSD ). Pada umumnya, secondary storage mempunyai kapasitas yang lebih besar dan harga yang relatif lebih murah daripada primary storage.
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php