Monica Tri Kumala Dewi

Lele Lokal

Posted: April 3rd 2016

Lele lokal yang memiliki nama ilmiah Clarias batrachus ini perkembangan produksinya secara nasional sangat baik. Lele merupakan komoditas budidaya air tawar yang sangat digemari masyarakat. Rasanya yang enak dan gurih adalah salah satu alasan para penikmat ikan lele. Bahkan saat ini lele tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk utuhnya tapi juga sudah ada olahan ikan lele seperti abon, nugget, kerupuk kulit, bakso dan lain-lain. Lele mengandung vitamin D yang cukup tinggi, asam lemak omega 3 dan omega 6, protein, fosfor, dan vitamin B 12.

Clari_batra_110829-16970_jtg

Gambar 1. Lele lokal

Lele jenis ini banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sebelum adanya ikan lele dumbo, para peternak banyak yang menernak ikan lele dari jenis ini. Namun, banyak juga para peternak lele yang kurang meminati budidaya ikan lele lokal karena masa pertumbuhan dan perkemabangannya sangat lambat dibandingkan ikan lele jenis lainnya. Bahkan, ikan lele lokal umur satu tahun masih kalah besarnya dengan ikan lele dumbo usia 2-3 bulan. Namun di pasaran harga ikan lele lokal sangat mahal dan cita rasanya jauh lebih nikmat, dagingnya terasa kenyal dan gurih. Di Indonesia, lele lokal memiliki tiga jenis kekerabatan, yaitu ikan lele belang putih, lele merah, lele putih dan lele hitam.

Jawa Tengah merupakan provinsi yang terletak di pusat pulau jawa ini, pada tahun 2009 produksi ikan lelenya mencapai 28.290 ton. Sentra budidaya ikan lele di provinsi ini tersebar di beberapa kabupaten. Produksi ikan lele tertinggi di Jawa Tengah terletak di kabupaten Demak dan merupakan sentranya budidaya lele. Sentra budidaya lele lainnya terdapat di kabupaten Banyumas, Purbalingga, Sukoharjo dan Karang Anyar serta Boyolali. Budidaya lele di Jawa Tengah sebagian besar berasal dari budidaya kolam. Mulai tahun 2009 berdasarkan publikasi data statistik perikanan budidaya mulai berkembang budidaya lele di sawah. Selain dikaramba dan di kolam budidaya lele juga dikembangkan di karamba dan jaring apung.

abon-ikan-lele-tokomesin

Gambar 2. Olahan ikan lele lokal di Karanganyar biasanya di buat menjadi abon lele

Kegurihan ikan lele saat dijadikan menu kuliner juga dipengaruhi oleh jenis pakan serta tempat selama ia hidup. Misalnya, jika ikan lele dibudidaya/diternak di dalam septictank atau tempat pembuangan feses manusia, maka rasa ikan lele agak terasa berlendir, dan dagingnya terlalu lembek. Berbeda dengan ikan lele yang dibudidaya di alam terbuka seperti di kolam atau di sungai-sungai, maka cita rasa ikan lele saat dijadikan menu kuliner akan lebih terasa nikmat, daging ikannya lebih pulen, terasa anyir yang khas, karena jenis pakan yang tersedia di alam jauh lebih banyak dan beragam, serta kondisi lingkungan di alam terbuka jauh lebih banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Sinar matahari bagi beberapa mamalia dan beberapa jenis ikan sangat penting sebagai sumber memperoleh vitamin D alamiah yang baik bagi perkembangan ikan lele tersebut.


7 responses to “Lele Lokal”

  1. bogo6013 says:

    ikan ini memang sudah menyebar banyak sekali terutama karena budidayanya dan sekarang juga bersaing dengan lele dumbo yang lebih besar dan mungkin lebih menguntungkan penjual. masyarakat jawa memang banyak sekali mendapat keuntungan dari pengolahan lele ini. artikel yang bagus. nilaimu 78 ya 🙂

  2. bogo6013 says:

    ini ranti ya

  3. linceriasitohang says:

    tulisan yang bagus monic, terimakasih atas tips membedakan ikan lele nya 😀 Nilai kamu 82 YEY 🙂

  4. Armae Dianrevy says:

    Saya setuju dengan tulisan ini, ikan lele diolah menjadi berbagai macam bahan pangan menyebabkan nilai secara ekomonis tinggi sehingga ada budidaya ikan lele. Apakah semua jenis lele (merah, hitam dan putih) dapat dibudidayakan? Terimaksih
    Nilai : 80

  5. kharinawaty says:

    Informasi yang menarik. Hanya sayang bnyk juga yang enggan menyantap lele karena kdng ada pedagang nakal yg tidk memperhatikan lele yg layak dijual dan kebersihan pakan lele. Nilai 80

  6. yuniafrischilla says:

    nilaimu 80 ya, informasinya menarik. ikan lele ternyata bisa di budidaya di septictank juga. apa yang menyebabkan rasa daging lele berbeda-beda? apakah dari kotoran manusia bisa jadi makanan lele juga?

  7. easter13 says:

    terimakasih atas informasi tetang ikan lele yang selama ini masih belom banyak saya ketahui. nilai 80 aja iya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php