MAPS

Kromium sama Kromit itu sama ngga sih???

Posted: March 2nd 2015

Yuhuuuuuuuu… ada info baru nih dari saya dan teman2 soal potensi mineral kromit di Indonesia., setelah postingan lama yang isinya tentang konservasi, postingan kali ini masih ngga jauh2 dari konservasi… masih ada benang merahnya gt,,, kenapa? postingan yang maren2 itu untuk pemenuhan tugas Biologi Konservasi, nah,, postingan terbaru kali ini untuk pemenuhan tugas Konservasi Sumber Daya Lokal.. 🙂 masih berbau soal konservasi, postingan kali ini tentang potensi salah satu mineral yang ada di Indonesia, yaitu kromit, si mineral satu-satunya sumber utama logam Krom… kita tentunya harus tahu soal potensi2 sumber daya yang dimiliki Indonesia supaya nantinya bisa menganalisis dan merencanakan usaha2 baik untuk konservasi sumber daya yang dieksploitasi ataupun usaha untuk meningkatkan potensi sumber daya yang ada, bener ngga temen2?? 😀 kalo gitu, dilanjuttt aja yuk bahas si krom dan kromit….   Kata Kromium berasal dari bahasa Yunani (chroma) yang berarti warna. Kromium (Cr) merupakan salah satu unsur logam berat … Read more


Kapan ya air sungai dekat rumah jadi jernih kembali????

Posted: December 5th 2014

Bagi teman2, membuat suatu rencana (plan) itu sesuatu yang mudah atau sulitkah? Bagi saya, membuat rencana itu tidak terlalu sulit, tinggal dipikirkan, ditulis, dan disusun sedemikian rupa. Hal yang membuat suatu rencana menjadi sesuatu yang sulit adalah realisasinya, gimana caranya rencana itu terlaksana sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Suatu rencana dapat terlaksana pun, belum tentu rencana itu dikatakan berhasil. Iya ngga temen2? Ada faktor A-Z yang membuat rencana itu dikatakan ngga berhasil. Nah, terus gimana caranya supaya rencana yang kita buat bisa terlaksana dan dikatakan berhasil? Sangat sederhana teman2, jangan “muluk-muluk”. Hahhahaa Setuju teman2?? 😀 Bicara soal “muluk-muluk”, tugas Biologi Koservasi kali ini tentang rencana konservasi sederhana yang bisa dilaksanakan secara nyata sebagai aksi konservasi suatu spesies atau ekosistem. Nah, buat tugas kali ini, saya memilih membuat rencana konservasi untuk ekosistem sungai, terutama sungai-sungai kecil yang berada di sekitar pemukiman. Mengapa ekosistem sungai? Sayangnya, alasannya agak “muluk-muluk” teman2, hehhehe, saya … Read more


Rafflesia arnoldii, keberadaannya tak seraksasa kelopak bunganya

Posted: September 7th 2014

Rafflesia arnoldii merupakan tumbuhan khas Indonesia yang dikenal memiliki ukuran raksasa dan mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti bau bangkai. Apakah teman-teman pernah melihatnya secara langsung?? Teman-teman sangat beruntung apabila pernah melihatnya secara langsung, karena selain merupakan tumbuhan endemik Sumatra dan Kalimantan, tumbuhan unik ini mulai sulit ditemukan. Nah, kok bisa? Sesulit apa sih untuk menemukannya? Apakah sudah punah?? Check these out.. 😀   Sejarah Penemuan Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.   Klasifikasi Ilmiah Nama ilmiah       : Rafflesia arnoldii Kingdom              : Tumbuhan Filum                     : Tracheophyta Kelas                     : Magnoliopsida Ordo                      :Malpighiales Famili                    :Rafflesiaceae Genus                   : Rafflesia   Gambar 1. Rafflesia arnoldii (setengah mekar dan mekar sempurna) Deskripsi Morfologis Bunga Raffelsia Arnoldi merupakan jenis bunga … Read more


Hello world!

Posted: September 5th 2014

Welcome to Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php