Thompson's

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Analisis DNA portabel???

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita sudah memasuki perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama di bidang komunikasi. Ternyata perkembangan teknologi juga sudah merambat ke bidang sains. Pada tanggal 17 Februari 2012 lalu, perusahaan teknologi bernama Oxford Nanopore Technologi mengeluarkan alat analisis data portabel bernama MinIOn USB Stick, yang merupakan sequencer DNA serukuran flashdisk yang dilengkapi dengan USB slot. Teknologi DNA ini mampu mengurutkan 150 juta pasangan basa hanya dalam waktu enam jam, dan menggunakan komputer anda sendiri untuk melakukan analisis.

 

MinIOn bekerja dengan menganalisis komponen sel dari organisme hidup dan memberikan profil DNA dari organisme itu. Teknologi ini bekerja dengan menggambarkan untaian DNA melalui sebuah nanotube, unzipping double helix yang terkenal menjadi untaian tunggal kemudian melakukan electrolyzing pada basis nukleotida satu per satu untuk untuk membangun profil genetik. Hasil pengurutan gen selanjutnya dapat disimpan sebagai long ticker-tape readout.

Dalam proses DNA sequencing, MinION menggunakan teknologi nanopore. Nanopore adalah molekul organik yang memiliki lubang yang sangat kecil pada bagian tengahnya, berukuran sekitar satu nanometer. Molekul tersebut dipasangkan pada sebuah membran di dalam cairan yang berisi ion-ion. Sampel DNA yang diinginkan pun dimasukkan ke cairan tersebut. Ketika membran tersebut terkena listrik, ion-ion mulai bergerak dan mendorong partikel ke pori-pori.
Ketika suatu molekul masuk ke dalam pori-pori, aliran akan terhambat dengan cara yang berbeda-beda pada masing-masing molekul. Hal tersebut menyebabkan molekul-molekul dapat terdeteksi dan teridentifikasi. Sistem pada MinION dapat mengenal 4 asam amino berbeda yang mengkode gen, yaitu adenin, sitosin, guanin, dan timin, serta 64 kombinasi yang berbeda.

MinION ini telah berhasil membaca gen dari bakteriofag lambda, yang mempunyai 48.500 pasangan basa. Ini sangat mengesankan, karena MinION ini mampu membaca 100.000 pasangan basa selama pengambilan DNA tunggal yang sebelumnya belum pernah berhasil dilakukan menggunakan teknik pengurutan tradisional.

Waktu operasional MinION cukup pendek hanya sekitar enam jam, namun dalam kurun waktu tersebut alat tes DNA ini mampu membaca lebih dari 150 juta pasangan basa. Sementara kromosom manusia sendiri berisi hingga 250 juta pasangan basa, tetapi untuk mengatasi masalah ini, Oxford Nanopore telah mengembangkan GridION yang dapat mengurutkan gen manusia dalam 15 menit saja. Sejauh ini MinION hanya bekerja pada gen yang kecil, seperti virus dan bakteri.

Dengan adanya teknologi DNA portable ini tentu akan sangat membantu para saintis dalam menganalisa penyakit dan DNA, serata sangat membantu dalam ilmu kedokteran. Anda dapat membayangkan ketika seorang dokter menggunakan MiniON, dia akan dapat mendiagnosa masalah genetik dan mengidentifikasi virus dan pathogen lainnya dengan cepat.

Harga yang perlu di bayar untuk mendapat alat secanggih ini hanya $900 saja. :)

Sekilas Informasi dari Libertho Romasna Riky (100801169)

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments: