Lerietta Tatiana Hutauruk

blog11. Data, Knowledge, and Decision Support :)

Posted: December 3rd 2012

Zaman sekarang, IT sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam perkantoran, sekolah dan lain-lain. Ada beberapa alasan orang-orang membutuhkan IT sekarang, yaitu di antarany: pengolahan informasi secara manual dengan cepat semakin sulit, komputerisasi membantu mengelola kompleksitas, IT memberikan analisis risiko sistematik, dan lain-lain.

Bagaimana kita mendapatkan data yang kita butuhkan? Jawabannya yaitu sumber data (data internal, data external, dan data personal) , dan dari Metode koleksi data (secara manual, sensor dan instrument, dan juga dari scanner atau transfer elektronik).

Apa yang dimaksud dengan “Good Data”??

1) kualitas data –> kualitas data menentukan kegunaan data dan juga kualitas keputusan berdasarkan data yang ada, karakteristik data berkualitas tinggi: akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten.

2). Penyimpanan Data –> database, data mart, dan data warehouse.

3). Kesulitan Data Management –> Banyak metode dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Keamanan data, kualitas, dan integritas sangat penting.

 

Sistem Pendukung Keputusan –> dibutuhkan ketika keputusan tidak terstruktur, karakteristik dan kemampuan,  mendukung pengambil keputusan di semua tingkat manajerial, mendukung semua tahapan pengambilan keputusan dan berbagai proses pengambilan keputusan, dapat disesuaikan dari waktu ke waktu untuk berurusan dengan perubahan kondisi,  mudah untuk membangun, memanfaatkan model dan link ke dalam data dan basis pengetahuan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php