Lerietta Tatiana Hutauruk

blog10. Wireless :)

Posted: December 3rd 2012

Wireless (dalam bahasa Indonesia : Nirkabel) adalah  transfer informasi antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik. Perangkat nirkabel (wireless) sangat mudah untuk dibawa dan dipakai, nirkabel memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas-tugas yang produktif dan dapat berkomunikasi secara wirelessly dengan menggunakan internet ataupun perangkat lain.

Gambar teknologi wireless:

Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan tampilan layar yang kecil, low bandwith  koneksi, dan memori yang minimal untuk mengakses Web-based informasi dan layanan. Ada banyak contoh nirkabel, beberapa di antaranya yaitu: sistem kontrol lalu lintas, inframerah dan perangkat remote control, airband dan radio navigasi peralatan yang digunakan oleh penerbang dan kontrol lalu lintas udara, telepon selular, GPS, bluetooth, televisi satelit, dan lain-lain.

Percakapan telepon nirkabel pertama di dunia terjadi tahun 1880, ketika Alexander Graham Bell dan Charles Sumner Tainter menemukan dan mematenkan photophone, telepon yang dilakukan percakapan audio yang dimodulasi secara nirkabel melalui berkas cahaya (yang adalah proyeksi sempit gelombang elektromagnetik).

Contoh beberapa aplikasi teknologi nirkabel yaitu:

1). Telepon Genggam : Telepon genggam nirkabel menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dari banyak lokasi di seluruh dunia.

2). Wireless Komunikasi Data : komponen penting dari komputasi mobile.

3). Transfer Energi Wireless : proses dimana energi listrik yang ditransmisikan dari sumber listrik ke beban listrik yang tidak memiliki sumber daya built-in, tanpa menggunakan kabel interkoneksi.

4). Perangkat Komputer Antarmuka

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php