Lerietta Tatiana Hutauruk

blog8.Introduction to Information Technology :)

Posted: November 19th 2012

Terdapat karakteristik dari fungsi sistem informasi: Terdiri dari sistem informasi yang difokuskan pada kegiatan-kegiatan khusus khusus untuk aplikasi IS dapat benar-benar independen atau terintegrasi untuk membentuk suatu sistem fungsional, saling tatp muka antar satu dengan organisasi yang lain, tatap muka dengan lingkungan.

Fungsional sistem informasi pun memiliki keterkaitan satu dengan yang lain yang terangkai dalam skema. Di dalam skema tersebut terdapat Business Transactions, TPS, Management Information System, Report (Scheduled,Demand,Exception), Database (Internal, External) dan juga ada data warehouse. Hal-hal di atas saling terkait satu dengan yang lain.

Apakah yang dimaksud dengan transaction? Pengertian dari transaction sendiri sangatlah banyak. Transaction dapat memicu peristiwa bisnis lainnya, transaction dapat dijelaskan oleh sejumlah item data, TPS dirancang untuk merekam dan menyimpan data yang menjelaskan setiap peristiwa bisnis yang terjadi.

Beberapa karakteristik dari TPS (Transcation Processing System) yaitu adalah sebagai berikut:

1). Sumber data sebagian besar internal, dan output dimaksudkan terutama untuk pengguna internal

2). TPS beroperasi teratur (on demand, harian, mingguan, dll)

3). Perlu kapasitas penyimpanan (database) yang besar

4). Memerlukan kecepatan pemrosesan tinggi (karena volume tinggi) , dan lain-lain.

Ada juga Accounting dan Finance System, hal ini dibagi menjadi 2 yaitu:  Financial Planning and Budgeting, and Investment Management.

Marketing and Sales System pun dibagi menjadi 7 bagian yaitu: Distribution Channel, Other Channel System, Customer Service, Telemarketing, Marketing Management, Ethical and Sosial Issues in IT- Supported Sales Activities, dan Current Trend – Customer Relationship Management (CRM).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php