Lerietta Tatiana Hutauruk

blog 6. Telekomunikasi dan Network :)

Posted: November 5th 2012

Sistem telekomunikasi adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang menyampaikan informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Yang termasuk komponen sistem telekomunikasi yaitu hardware, software, media, network, data communication providers, protocols, dan applications. Sinyal telekomunikasi dibagi 2, yaitu sinyal analog dan sinyal digital.

Perangkat keras yang digunakan dalam transmisi data dan penerimaan data adalah:

1). modem:

perangkat yang mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan transmisi sinyal melalui sistem telepon

2). multiplex:

perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal

3). Front-end Processor:

komputer khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi

 

Ada beberapa kabel yang berbasis saluran komunikasi, yaitu: kabel telepon, kabel coaxcial, kabel fiber-optik, microwave, satelit, radio, dan lain-lain. Jaringan atau dalam bahasa inggrisnya Network adalah alat komunikasi, media, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Lingkungan jaringan ada 2 yaitu,  Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Local Area Network adalah  sebuah jaringan yang mencakup jarak geografis yang relatif kecil, contohnya seperti gedung, rumah. Sedangkan Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang mencakup wilayah geografis secara luas. 

LAN dapat dibagi 3, yaitu gateway (prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan dari satu set protokol yang lain), bridge (menghubungkan dua jaringan dari jenis yang sama), dan router (rute pesan melalui LAN terhubung ke WAN. Sedangkan WAN dibagi 2, yaitu Value-added networks (VAN) dan Virtual private network (VPN).

 

Sekian blog 6, terima kasihhh 🙂 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php