Lerietta Tatiana Hutauruk

blog4.Computer Software :)

Posted: October 7th 2012

Saat ini saya akan bercerita tentang software komputer. Software komputer terdiri dari 2 yaitu, sistem software dan aplikasi software. Sistem software berfungsi untuk membuat komputer berfungsi sesuai dengan kegunaannya, sedangkan aplikasi software digunakan untuk membuat sesuatu yang menarik. Sistem software adalah software yang bertujuan untuk mengontrol dan mensupport aktivitas sitem komputer, mensupport aplikasi software dalam fungsi basic komputer, program fasilitas test, dan lain-lain.

Sistem software dibagi 2 yaitu, sistem control program dan sistem support program. Sistem control program digunakan untuk mengontrol seluruh dari sistem resources (hardware, software, data), sedangkan sistem support program special mensupport kapabilitas. Sistem control program memiliki bagian operating sistem. Operating sistem services terdiri dari: process management, virtual memory, file management and security, fault tolerance, dan user interfance.

Ada 3 tipe dari operating sistem yaitu: major desktop operating system, departmental server operating system, dan enterprise operating system. Selain itu ada juga aplikasi software. Dalam aplikasi software terdapat 2 tipe yaitu: proprietary application software dan off-the-shelf application software.

Bagaimana program dalam komputer dapat dimengerti oleh komputer?  Ya caranya pertama adalah program ditulis dalam bahasa pemrograman(source code), lalu selanjutnya di translate dengan program translator dengan assembler, compiler, interpreter, lalu program ditulis dalam machine language, dan yang terakhir diproses oleh CPU.

Selesai sudah cerita saya tentang blog 4 ini, semoga lebih bermanfaat, apabila ada kesalahan mohon maaf J


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php