Lerietta Tatiana Hutauruk

blog3. Hardware Komputer :)

Posted: September 27th 2012

Ya, kali ini, saya akan membahas tentang hardware komputer. Komponen hardware sistem informasi adalah CPU, Memory, Input Devices, Output Devices. Ada 2 komponen yang termasuk motherboard yaitu CPU dan Memory. CPU terdiri dari beberapa komponen, di antaranya yaitu, Processor, Memory, Adapter Cards (Sound card, video card, modem card, network card) , ports, power supply, dan drive braysMemory terdiri dari beberapa tipe dari primary storage, yaitu Register, Random Access Memory (RAM), Cache Memory, Read-only Memory (ROM). 

Komputer sebenarnya tidak sesulit yang orang bayangkan, bagaimana mereka dapat memproses semua yang kita lakukan dengan cepat, dan lain-lain. Data yang masuk ke komputer berbentuk digital, menggunakan bilangan biner hanya untuk melakukan semua yang kita kerjakan, yaitu bilangan 1 atau 0. Nilai 1=benar , 0=salah, hal ini dilakukan dalam logika matematika. Contohnya ketika anda mengetik huruf “D” , maka akan di proses lalu komputer akan menggunakan ASCII binary code, huruf “D” dalam ASCII binary code memiliki kode “01000100” , begitu juga dengan kode-kode huruf lain, baik angka, huruf, bahkan tanda. 

Ya begitulah kira-kira, bagaimana data yang kita masukkan  di proses oleh komputer. Kita juga bisa menggunakan kode ASCII untuk mengetikkan pesan rahasia apabila tidak ingin diketahui oleh orang lain. Selain itu bagian komponen dari hardware komputer masih ada Input devices dan Output Devices. Saya mungkin akan membahasnya di lain waktu. :))


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php