Teknik Informatika 2013

Electronic Commerce

Posted: December 8th 2013

Electronic Commerce

Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:

–        Layanan konsumen

–        Kolaborasi dengan rekan bisnis

–        Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Tipe E-Commerce

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

E-Commerce didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas :

  1. People
  2. Public policy
  3. Technical standards and protocols
  4. Business partners

Support services


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php