Teknik Informatika 2013

Computer Software (Perangkat Lunak Komputer)

Posted: October 4th 2013

BAB 4. Computer Software (Perangkat Lunak Komputer)

 

Computer Software dibagi 2 yaitu System Soft ware dan Application Software.

System Software adalah Intruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras atau hardware.

Application Software adalah Intruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna.

System Software adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol dan mendukung  mendukung aktivasi dari sistem komputer, untuk mendukung software aplikasi dengan mengarahkan fungsi dasar dari komputer, memfasilitasi pengembangan program dan pengujian. Didalam sistem software terdapat System Control Programs dan System Support Programs. System Control Programs untuk mengontrol penggunaan semua sumber daya hardware, sistem operasi. System Support Programs untuk mendukung secara khusus kemampuan program. Dalam System Control Programs terdapat Operating System – main system control program yang berfungsi untuk mengawasi keseluruhan operasi pada komputer.

Application System adalah Program yang menjalankan aktivitas pengelolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna. Tipe dari software adalah Proprietary Application Software dan Off-the-shelf Application Software.

Bahasa pemrograman, berbagai bahasa pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahu komputer apa yang harus dikerjakan dan merupakan dasar dari pengembangan aplikasi. Proses komputer dalam memahami program : Program ditulis menggunakan bahasa pemrograman (source code), lalu translator program akan menterjemahkan bahasa tersebut (Assembler, Compiler, Interpreter) selanjutnya program ditulis pada bahasa mesin (object code) dan akhirnya diproses oleh CPU.

Bahasa mesin adalah generasi pertama dari bahasa pemrograman, terdiri dari bilangan binear (0s, 1s), bahasa satu satunya yang dipahami komputer.

Bahasa assembly adalah generasi kedua dari bahasa pemrograman, korespondensi satu satu dengan bahasa mesin, lebih user-friendly dari pada bahasa mesin. Assembler adalah program yang menterjemahkan bahasa assembly ke bahasa mesin.

Bahasa prosedural adalah generasi ketiga dari bahasa pemrograman, bahasa yang mendekati natural language, menggunakan kata yang umum. Compiler untuk menterjemahkan keseluruhan program sekaligus. Interpreter untuk menterjemahkan dan mengeksekusi satu sumber program pada satu waktu.

Bahasa nonprosedural adalah generasi keempat dari bahasa pemrograman, memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang di inginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai suatu hasil.

Bahasa natural adalah generasi yang kelima, menterjemahkan bahasa alami kedalam struktur atau bentuk yang bisa dibaca oleh mesin.

Current Programming Languages :

  1. Visual Programming Languages
  2. Hypertext Markup Languages (HTML)
  3. Extensibel Markup Languages (XML)
  4. Component-ware
  5. Virtual Reality Modeling Languages (VRML)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php