Erik Ariparno

Pengantar Teknologi Informasi

Posted: October 5th 2013

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASi

 

BAB 1 : Bisnis dan Teknologi Informasi

Ringkasan Materi :

  • Tujuan pembelajaran : Mendiskusikan bisnis pada era Informasi , Menjelaskan kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi di organisasi modern
  • Karakteristik :
  1. Perubahaan yang cepat (Rapid Change)
  2. kompleksitas
  3. Ekonomi global
  4. Kompetisi yang ketat
  5. Fokus kepada konsumen
  • Tekanan pada bisnis dan respon dari perusahaan :
  1. Kompetisi global pada area perdagangan atau tenaga kerja
  2. Real time operations (penerbangan, penyiaran, telekomunikasi, air force, marine, life study etc)
  3. Perubahan workforce (menjadi lebih mobile)
  4. Berorientasi konsumen
  5. Information overload
  6. Ethical Issues
  7. Kebijakan pemerintah Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses
  8. Kewajiban sosial
  • Mengapa kita perlu mempelajari IT?
  1. IT mempengaruhi setiap area fungsionalitas dari bisnis
  2. Apa yg bisa dikerjakan melalui IT dan konsekuensi dari penggunaannya, sangatlah menarik.
  • Difinisi :
  1. Data : fakta mentah; dikumpulkan
  2. Information: Data yang ter organisir sehingga memiliki makna.
  3. Knowledge: informasi yang terorganisir , digunakan untuk menyampaikan pemahaman, pengalaman, pembelajaran, keahlian.
  4. Computer Literacy: pengetahuan & pemahaman mengenai komputer dan penggunaannya
  5. System: Komponen komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama
  6. Computer: Peralatan elektronik yang beroperasi dibawah intruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory peralatan tersebut
  7. Information System (IS) : Sebuah sistem yang mengumpulkan tujuan spesifik
  • Komponen dari computer :
  1. Input (masukan) : untuk memasukan data
  2. Process/System Unit : digunakan untuk memproses data
  3. Output (keluaran) : menyampaikan informasi
  4. Storage (penyimpanan)
  5. komunikasi/ jaringan (Network)
  • komponen dari CPU :
  1. Central Processing Unit (CPU) : Processor
  2. Memory :Tempat penyimpanan sementara untuk data dan instruksi
  • Computer Software :
  1. Program adalah urutan dari instruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan oleh komputer
  2. Application System (Application Software) : Program yg melakukan tugas tugas  yang spesifik bagi pengguna
  3. System Software : Program yang mengendalikan operasi dari komputer dan perangkatnya
  4. GUI
  • Apa yang membuat informasi menjadi berguna :
  1. Akurat
  2. Lengkap
  3. Flexible
  4. Handal
  5. Relevan
  6. Tepat Waktu
  7. Dapat di verifikasi
  8. Bisa di akses
  9. Aman
  • Contoh dari pengguna computer :
  1. Kecepatan dan ukuran penyimpanan yg besar
  2. Tipe dari power users

a)    Engineers

b)    Desktop publishers

c)    Architects

d)    Graphic artists

  • Apa saja contoh penerapan komputer di area masyarakat?
  1. Education
  2. Government
  3. Science
  4. Travel
  5. Finance
  6. Healthcare
  7. Publishing
  8. Industry
  • Kesimpulan :
  1. Bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan.
  2. Teknologi informasi menyediakan provides ‘alat’ dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut.
  3. Knowledge mengenai IT  dan aplikasinya membantu para pembisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif dengan menggunakan IT

 

                      BAB 2 Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Rinkasan Materi :

  • Tujuan Pembelajaran :

1. Mendiskusikan konsep utama dari information systems (IS) yaitu arsitektur dan infrastruktur

2. Menjelaskan struktur hirarkis organisasi dan kaitannya dengan IS

  • Konsep Mendasar :
  1. Infrastruktur dari informasi:
  2. Information Infrastructure
  3. Information Architecture:
  4. System Informasi
  • Jenis dari SI :
  1. Transaction Processing System

a)    Menyediakan data dasar bagi sistem lainnya

b)    Cukup kompleks , rumit

c)    Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini

  1. Management Information System

a)    Mendukung keputusan yang di ambil secara rutin

b)    Mengakses, menata, merangkum, dan menampilkan informasi.

  1. Support Systems : sistem pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna biasa
  2. Intelligent Systems
  3. End- User Computing : output sebuah sistem seperti analis, manager, atau profesional lainnya
  4. Knowledge Management System : Mendukung proses menciptakan, mengumpulkan
  5. pengetahuan perusahaan
  6. Data Warehouse
  7. Mobile Computing : Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen
  • Bagaimana Sistem informasi mendukung Perusahaan :

1. Sistem Informasi di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan

2. Bagaimana organisasi di strukturkan:

3. Dua klasifikasi Sistem Informasi yang paling umum:

4. Aplikasi dan sistem bisa mendukung

5. Sistem Informasi terdiri berbagai macam aplikasi

6. Sistem informasi juga bisa bersifat inter-organizational

  • Dukungan SI yang dibutuhkan tergantung peran dari pengguna di dalam perusahaan.
  1. Top manager membuat keputusan strategis
  2. Middle managers membuat keputusan taktis
  3. Line managers  membuat keputusan operasional
  4. Knowledge workers membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
  5. Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi
  • Bagaimana Sistem informasi mendukung Perusahaan:
  1. Sumber daya
  2. Information resources
  3. Tanggung jawab terhadap sumber daya informasi di pegang bersama oleh Departement SI dan end users (pengguna akhir).
  4. Perusahaan harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perancangan, pembelian, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya informasi (information resources).
  5. Kerja sama

BAB 3 Perangkat keras Komputer

Ringakasan Materi :

  • Tujuan Pembelajaran :

1. Menjelaskan primary dan secondary storage

2. Membedakan antara primary dan secondary storage berdasarkan kecepatan, biaya, dan kapasitas.

  • Komponen Perangkat Keras :

1. CPU (central processing unit)/system unit

2. Memory (primary and secondary storage)

3. Input devices

4. Output devices

  • Apa saja komponen umum di dalam CPU?

1. Processor

2. Memory

3. Adapter cards

4. Ports

5. Drive bays

6. Power supply

  • Fungsi Control Unit

1. Mengakses intruksi program

2. Mentafsirkan (decode) instruksi

3. Mengontrol aliran data di sistem

4. Jalur aliran data disebut buses

  • Didalam CPU terdapat:

1. Control unit

2. Alu

3. Registers

4. Primary storage

  • Komputer adalah digital, dan data direpresentasikan dalam pola bit
  • Bit adalah kependekan dari Binary digIT. Sistem Biner terdiri dari dua nilai: 0 dan 1
  • 8 bits = byte
  • Bytes adalah ukuran dasar dari penyimpanan di komputer
  • ASCII Code memberikan karakter unik untuk setiap pola dari 0s &1s dalambyte.
  • Kilobytes, Megabytes, Gigabytes, Terabytes
  • RAM : Memory chips yang dapat dibaca dan ditulis oleh processor
  • ROM : Memory chips yang menyimpan data dan instruksi permanent.
  • Siklus Machine Instruction

1. Instruksi di ambil dari primary storage oleh Control Unit

2. The Control Unit mendecode instruksi

  1. 3.  ALU menerima data dan dan instruksi dan melakukan perhitungan atau perbandingan

4. Hasilnya di simpan di  primary storage.

  • Komputer umumnya di klasifikasikan berdasarkan kemampuan memproses nya:

1. Supercomputers

2. Mainframes

3. Midrange

4. Workstations

5. Microcomputers

6. Computing appliances

  • Apa yg dimaksud dengan input?

1. Data atau instruksi yang dimasukkan ke memori komputer

2. Input device adalah perangkat keras yg digunakan untuk memasukan data atau instruksi

  • Dua tipe dari input?

1. Data

2. Instructions

  • Apa itu output?

1. Data yang telah di proses kedalam bentuk yang bisa digunakan, disebut  information

2. Output device setiap komponen yg bisa menyampaikan informasi ke user

 

BAB 4 Perangkat Lunak Komputer

Ringkasan Materi :

  • Beberapa istilah dasar :

1. Computer programs – urutan instruksi untuk komputer

2. Stored program concept –  instruksi yg di tulis pada program di simpan dan di eksekusi oleh CPU saat dibutuhkan

3. Programming – proses menulis (atau coding) program

4. Programmers – individu yang melakukan pemrogramaan

  • Dasar software :

1. Systems Software : Instruksi yg mengelola sumber daya perangkat keras/hardware

2. Application Software : Instruksi yang melakukan tugas yang spesifik dari pengguna

  • System software adalah perangkat lunak yang :

1. Memfasilitasi pengembangan program,pengujian, dan debugging

2. Independen dari semua jenis aplikasi

  • Penjelasan Operating System :

1. berjalan di computer

  • Apakah fungsi dari operating system?

2. manage programs

3. provide a user interface

4. start the computer

  • System Support Programs : Mendukung operasi, manajemen, dan pengguna dari sistem komputer
  • Application Software : Program yg menjalankan aktivitas pengolahan informasi yg spesifik dan fungsionalitas pengguna

1. Tipe dari software aplikasi

a)    Proprietary application software

b)    Off-the-shelf application software

  • Software Evaluation and Selection
  • Software Evaluation and Selection

1. Selection factors

a)    Ukuran dan lokasi dari pengguna utama

b)    System administration tools

c)    biaya awal dan biaya selanjutnya

d)    Kemampuan sistem saat ini dan kedepannya

  • Software Issues

1. Software Licensing

2. Software Upgrades

3. Open Systems

4. Open Source Software

  • Bahasa Pemrogramaan : machine language , assembly language , procedural language , nonprocedural language , intelligent language.
  • Visual Programming Languages

1. menggunakan graphical environment

2. Contoh : Visual Basic and Visual C++

3. Populer untuk non technical users

  • Hypertext Markup Language (HTML)

1. Standar bahasa yg digunakan di World Wide Web

2. mengandung teks, gambar, dan berbagai jenis informasi seperti file data, audio, video, dan executable computer programs

  • Current Programming Languages:

1. Extensible Markup Language (XML)

2. Component-ware

3. Virtual Reality Modeling Language (VRML)

4. Object-Oriented Programming Languages (OOP)

  • Software bisa dikategorikan sebagai Systems software dan Applications software
  • Systems software menyediakan antar muka antara hardware dan application software
  • Application software menjalankan fungsi bisnis yg spesifik
  • Bahasa pemrogramaan menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan perintah ke komputer
  • Perusahaan mencari solusi perangkat lunak enterprise yang luas untuk menyediakan sistem organisasi yang terintegrarsi

 

BAB 5 Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Ringkasan Materi :

  • Dasar dari penyusunan dan akses data
    • Ø Field :
  1. Field size
  2. Field name
  3. Data type
  • Ø Record
  • Ø File
  • Ø Database
  • Terminologi dari manajemen data

1. Entity

2. Attribute

3. Secondary

4. Secondary Key

5. Primary Key

  • Apa yg dimaksud dengan file processing system?

1. Masing masing department atau  area dari organisasi Memiliki kumpulan file sendiri

2. Records dari satu file dapat tidak terkait dengan records dari file lain

  • Apa yg dimaksud  database approach?

1. Banyak program dan pengguna bisa berbagai data di database

  1. 2.  Data aman karena hanya authorized users yang bisa mengakses data tertentu
  • Ada 2 cara Menempatkan data pada databases :

1. Centralized

2. Distributed

  • Pengembangan Databases

1. Pertama, Kembangkan Conceptual design – model abstrak basis data dari prespektif pengguna atau bisnis

2. Kedua, organisasikan dengan Entity-Relationship (ER) modeling

3. Ketiga, analisa struktur dari data dengan menerapkan proses Normalisasi

4. Keempat, implementasikan struktur data fisik dari basis data pada  database management system software

  • Databases Management System

1. Software programs yang menyediakan akses ke database

2. Data di simpan pada , satu lokasi, dapat di ambil atau di update

3. Application programs yang diberikan akses pada data yang disimpan dengan berbagai mekanisme

  • Data model : Mendefinisikan cara data di strukturkan secara konseptual
  • Data Definition Language (DDL)

1. Digunakan untuk menjelaskan isi dan struktur dari data base

2. Users menjabarkan logical view (schema) dari database menggunakan DDL

3. Mendefinisikan Physical characteristics dari records dan fields

4. Relationships, primary keys, and security can be established

  • Data Manipulation Language (DML) : Digunakan untuk mendapatkan isi dari database
  • Data Dictionary : Menyimpan definisi dari elemen data dan karakteristik data

 

BAB 6  Jaringan dan Telekomunikasi

Ringkasan Materi :

  • Komunikasi : Proses yg melibatkan dua atau lebih komputer atau peralatan sejenis  yang saling mengirimkan data,perintah, dan informasi
  • Sistem Telekomunikasi : Hardware dan software yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya
  •  Sinyal telekomunikasi :

1. Gelombang bersifat continues

2. Informasi disampaikan melalui perubahan karakter dari gelombang

  • Sinyal Digital

1. Discrete pulses/denyut

2. Informasi di sampaikan dalam bentuk biner

  • Wire-based Communication Channels

1. Twisted-pair wire

a)    Murah dan mudah dipergunakan

b)    Lambat, mudah terkena gangguan, keamanan rendah

2. Coaxial cable

a)    Membawa lebih banyak data, terlindung dari gangguan/ interference

b)    Lebih mahal; keamanan rendah

3. Fiber-optic cable

a)    Mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya melalui glass fiber

b)    cepat; kapasitas besar; aman; not subject to interference; Hard to work with

4. Microwave

5. Satellite

6. Radio

7. Cellular radio technology

8. Infrared

  • Operator dan Jasa telekomunikasi
  • Layanan Telekomunikasi

1. Switched lines

2. Dedicated lines

3. Wide-area Telecomm Service

4. Integrated Services Digital Network

5. Digital Subscriber Lines

6. Tmnet-Streamix

  • Network Environment

1. Local Area Network (LAN) : Gateway ,Bridge, Router

2. Wide Area Network (WAN)

  • Network Communication Software :

1. Memeriksa kesalahan

2. Format messages

3. Mengelola  communication logs

4. Memastikan keamanan dan privasi data

5. Menyediakan message translation

  • Komponen :

1. Protocols

2. Network Management Software

3. Network Operating System\

  • Beberapa opsi dari Data Transmission Options untuk meningkatkan performa jaringan

1. Packet-switching

2. Frame relay

3. Fiber Distributed Data Interface (FDDI)

4. Asynchronous Transfer Mode (ATM)

5. Switched Hub Technologies

6. Synchronous Optical Network (SONET)

7. T-carrier System

 

 

 

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php