Vincentius Y.Winata

Great wall-Riau

Posted: June 9th 2014

Ngarai Sianok sudah menjadi ikon Bukittinggi. Terbersitkah di benak Anda untuk menuruni ngarai dan merasakan kejernihan air sungai yang mengular di dasar ngarai?, pernahka anda merasakan menjalani ribuan meter menelusuri celah tebing seperti pada tembok china?

Kini, niat Anda itu bertambah mudah karena adanya Jenjang 1.000. Tangga yang mengular di antara tebing dengan pagar di sisi kanan dan kiri siap mengantar Anda sampai ke dasar.

Di samping itu, tangga ini juga digunakan untuk berolah raga jalan kaki dengan latar belakang Gunung Merapi dan Singgalang yang anggun dan mempesona. Di Jenjang 1000 yang menjadi objek wisata baru ini tersedia pula tempat peristirahatan, WC, kolam pancing, lokasi camping serta lapangan parkir yang luas.

download (2)

Pengujung saat berada di Jenjang 1.000 itu dapat menyaksikan perilaku kera yang berkeliaran sambil bermain dan melompat dari dahan ke dahan dan burung-burung berkicau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bukittinggi, Eldi Efra di Bukittinggi, Kamis (6/3/2014), mengatakan Jenjang 1.000 yang terletak di daerah Bukit Apit itu sudah menjadi kunjungan wisatawan dari dalam dan luar Bukittinggi.

Eldi mengatakan, ramainya wisatawan ke Jenjang 1.000 tersebut karena sudah dilakukan revitalisasi sehingga mudah dilalui wisatawan.

jembatan(13)851905Jenjang seribu

Sebelumnya, Jenjang 1.000 tidak terawat. Selain itu, jenjang masih berupa tanah serta tanpa adanya pagar di samping kiri dan kanan jenjang sehingga sulit dilalui.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php