Bio's Word

RESTORASI DAS BATANGHARI

Posted: December 1st 2015

Sungai merupakan bagian penting dari kehidupan manusia. Walaupun kehidupan manusia semakin modern, tetapi manusia tidak akan pernah terpisah dari sungai. Mengapa hal ini dapat terjadi? Perhatikan gambar sederhana di bawah ini!! Gambar di atas merupakan informasi sederhana mengenai daerah aliran sungai. Daerah ini merupakan daratan yang dilalui oleh sungai dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia, terutama di bidang pertanian, perikanan, dan pertambangan. Akan tetapi, semakin hari kondisi daerah aliran sungai semakin memburuk. Hal ini dikarenakan banyaknya limbah yang dibuang langsung ke sungai. Padahal, sungai juga berfungsi untuk menopang kehidupan makhluk hidup, sehingga terjadi proses respirasi. Kegiatan metabolisme makhluk hidup sungai, seperti berbagai jenis ikan, akan terganggu akibat menumpuknya limbah di sekitar sungai, sehingga akan menyebabkan kematian ikan dan penumpukan amonia di dasar sungai. Selain itu, limbah cair berupa logam yang dibuang langsung ke dalam sungai juga akan mempercepat proses perusakan sungai. Daerah aliran sungai (DAS) adalah wilayah yang … Read more


Sumba Hornbill a.k.a Rangkong Sumba

Posted: September 5th 2015

Rangkong, hmmmmmm Apa yang tersirat di kepala kalian waktu mendengar kata “Rangkong?” Rangkong adalah salah satu kelompok burung yang memiliki ciri khas yang unik, nih. Apa ya? Look at this picture below!! ⇓⇓⇓   Gambar di atas itu merupakan koleksi rangkong di Dunia, loh! Bisa dilihat rangkong itu punya paruh yang panjang dan beberapa punya tambahan struktur yang mirip tanduk nih di kepalanya. Beberapa da yang keliatan jelas banget, tetapi ada juga yang ga keliatan. Di indonesia, terdapat 13 spesies rangkong, dimana terdapat 9 spesies rangkong di Sumatra, 2 di Sulawesi, 1 di Papua, dan 1 lagi, nih di Sumba. Nah, kali ini kita akan gali lebih dalam lagi, nih, tentang Rangkong Sumba, khususnya mengenai konservasi si Rangkong Sumba sendiri.   Rangkong Sumba dalam dunia ilmiah, lebih sering dikenal sebagai Rhyticeros everretti, tetapi ternyata, nih, dulu, Rangkong Sumba seringkali dikelompokkan ke dalam marga Aceros. Tau, ngga, hal apa yang paling penting dalam suatu … Read more


Orang Utan : Between Two Island

Posted: August 24th 2015

Orang utan merupakan kata yang gak asing lagi nih di telinga kita. So, apa sih yang kalian pikirkan tentang orang utan? Apakah sekedar hewan yang berbulu, tinggal di hutan, atau bagaimana, ya? Nah, definisi yang kita bayangkan tentang orang utan itu selama ini ga salah, tetapi ada sesuatu hal, nih, yang kita kurang sadari, loh. Hmmmmm… Apaan sih? Orang utan itu hewan asli dari Indonesia, tepatnya Sumatra dan Kalimantan. Saat ini, banyak orang yang mulai bingung, sebenernya orang utan yang di Sumatra dan orang utan yang di Kalimantan itu satu spesies ngga, ya?Hayo, bingung kan, sama-sama disebut orang utan, tapi beda pulau, ya. Manusia, sih, walaupun beda pulau tetap dibilang satu spesies, tapi ini kan Orang Utan, jadi gimana ya? Hmm, kalau diliat dari tempat tinggalnya, kondisi lingkungannya sih, kayaknya beda spesies deh, tapi mungkin satu marga. Mungkin, sihhhh….. Nah, daripada nebak-nebak sendiri ga jelas gitu, ternyata ada sekelompok peneliti … Read more



© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php