ilmu untuk kehidupan

Internet,Intranet,dan Extranet

Posted: November 6th 2012

Haiii….. para blogers UAJY in ringaksan saya tenytang materi Internet, Intranet, Dan Extranet , silahkan…..:)

Internet merupakan jaringan computer terbersar didunia (jaringan dari jaringan),dengan menggunakan internet pertukaran informasi dapat berjalan denga mulus dan terbuka, non-eksklusif (standart)  dan protocol, dalam jaringan interkoneksi. Untuk menakses internet menggunakan coneksi via LAN server, conaksi via Serial Line Internet Protocol/Point Protocol ( SLIP/PPP), conaksi via an Online Service (AOL, MSN)

Ada beberapa layanan yang dapat ditemukan pada internet, yaitu :

1. E-mail

2. Web

3. File Transfer

4. Chat

5. Message Board

6. Instant Messaging

Internet menyediakan layanan penerimaan komunikasi dan informasi, serta World Wide Web.World Wide Web merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan internet sebagai tansportasi. Sebuah sistem dengan standart yang diterima secara universal untuk menyipan, mengambil, menformat dan menampilkan informasi melalui arsitektur server / client. Berdasarkan HTML, bahasa standart hypertext merupakan bahasa yang digunakan pada Web.World Wide Web dapat menagani text, hypermedia, grafik, dan suara.

Intranet, merupakan sebuah jaringan pribadi yang menggunakan perangkat lunak internet dan protocol TCP/IP. Intranet menyediakan kemudahan bagi karyawan untuk mengakses informasi  perusahaan. Misalkan :

1. Digunakan untuk menyebarkan aplikasi perusahaan.

                Contoh : kebijakan dan prosedur manual, bentuk sumber daya manusia, dan catalog produk.

2. Kekhawatiran keamanan

                Contoh : Langkah-langakh keamanan termasuk keamanan kunci public, enskripsi, sertifikan digital, dan fire wall.

Extranet, merupakan perpanjangan intranet untuk sebagai pilihan mitra bisnis di luar seperti pemasok, distributor, dan pelanggan utama. Extranet menyediakan kemudahan bagi mitra bisnis untuk mengakses ke informasi perusahaan dan dapat kolaborasi dengan mudah. Kemanan  pada exatranet sangant kritis dalam mencegah masuknya hal-hal yang tidak diinginkan kedalam sistem internal. Untuk itu jaringan pribadi virtual (VPN) yang sering digunakan untuk menambah keamanan untuk komunikasi internet.

Sekian dlu ya.. itu sebagian dari ringsakan saya pada materi ini. Thanks….:)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php